Bugar

Sederet Sayuran Tinggi Purin, Benarkah Bikin Asam Urat Melonjak Naik?

Sederet Sayuran Tinggi Purin, Benarkah Bikin Asam Urat Melonjak Naik?

MOMSMONEY.ID - Ada sejumlah sayuran tinggi purin yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat lo. Apa sajakah itu?

Makanan tinggi purin sering dikaitkan sebagai faktor yang menyebabkan kadar asam urat naik. Purin adalah zat yang ditemukan dalam beberapa makanan dan minuman, yang ketika dipecah oleh tubuh akan menghasilkan asam urat.

Meskipun purin banyak ditemukan pada daging dan seafood, beberapa sayuran juga diketahui memiliki kandungan purin yang tinggi. Namun, apakah konsumsi sayuran tinggi purin benar-benar dapat menyebabkan lonjakan asam urat?

Baca Juga: Apakah Asam Urat Boleh Diurut? Intip Jawabannya di Sini

Sebelum itu, mari ketahui beberapa sayuran yang dikenal mengandung purin. Mengutip dari Very Well Health dan Livestrong, di bawah ini adalah sayuran tinggi purin yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat:

1. Asparagus

Asparagus masuk dalam daftar sayuran dengan kandungan purin yang tinggi. Meski menyehatkan, asparagus sebaiknya dikonsumsi dengan moderat oleh mereka yang berusaha mengontrol kadar asam urat.

2. Kembang kol

Kembang kol adalah sayuran lain yang sebaiknya dibatasi oleh orang dengan kadar asam urat tinggi. Meskipun kaya akan vitamin C dan nutrisi lainnya, kembang kol mengandung purin yang dapat meningkatkan risiko serangan gout.

Baca Juga: Ini Rekomendasi Buah yang Bagus untuk Asam Urat

3. Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran hijau yang dikenal kaya akan nutrisi, termasuk zat besi dan vitamin K. Namun, bayam juga mengandung purin dalam jumlah yang relatif tinggi. Bagi seseorang dengan asam urat atau gout, mengonsumsi bayam dalam jumlah besar mungkin bukan pilihan terbaik.

Itulah sejumlah sayuran tinggi purin yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat. Namun menariknya, beberapa studi bahkan menemukan bahwa asupan sayuran tinggi purin tidak memiliki efek yang signifikan dalam meningkatkan risiko serangan gout atau kadar asam urat dalam darah.

Baca Juga: Bisa Obati Asam Urat, Begini Cara Membuat Rebusan Daun Sukun

Salah satu alasan yang diusulkan adalah bahwa purin yang terdapat dalam sayuran mungkin berbeda dari purin yang ditemukan dalam daging dan makanan laut. Purin dalam sayuran dianggap lebih mudah diurai oleh tubuh dan kurang mungkin menyebabkan peningkatan kadar asam urat.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun ada penelitian yang mengatakan demikian, respons seseorang terhadap sayuran tinggi purin dapat bervariasi.

Oleh karena itu, disarankan bagi orang yang memiliki asam urat tinggi atau berisiko terkena gout untuk memantau reaksi tubuh mereka terhadap jenis makanan tertentu.

Selanjutnya: Analis Rekomendasi Beli Cicil Saham Blue Chip Ini Saat Net Sell Asing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News