Bugar

Bisa Obati Asam Urat, Begini Cara Membuat Rebusan Daun Sukun

Bisa Obati Asam Urat, Begini Cara Membuat Rebusan Daun Sukun

MOMSMONEY.ID - Pengobatan alami untuk asam urat kian populer. Salah satu cara yang cukup digemari adalah dengan mengonsumsi rebusan daun sukun untuk asam urat.

Daun sukun telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai kondisi, termasuk asam urat. Mengutip dari Kompas.com, daun sukun kaya akan nutrisi seperti vitamin B1, B2, C, kalsium, fosfor, zat besi, flavonoid, dan beta sitosterol.

Baca Juga: Khasiat Daun Salam untuk Asam Urat dan Kolesterol serta Cara Membuat Rebusannya!

Flavonoid dalam daun sukun berperan dalam menurunkan kadar asam urat dengan menghambat aktivitas xantin oksidase, enzim yang bertanggung jawab mengubah purin menjadi asam urat.

Nah, di bawah ini adalah cara membuat rebusan daun sukun untuk asam urat:

  • Pilihlah daun sukun yang sudah tua serta memiliki warna hijau gelap.
  • Cuci daun sukun dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel
  • Rebus air dalam panci. Jumlah air tergantung pada seberapa banyak rebusan yang ingin Anda buat, tetapi umumnya sekitar 5 gelas air untuk setiap 2-3 lembar daun sukun.
  • Setelah air mendidih, masukkan daun sukun ke dalam panci.
  • Biarkan daun sukun direbus di dalam air mendidih. Ini memungkinkan ekstrak daun sukun larut ke dalam air dan menghasilkan rebusan yang kaya akan nutrisi.
  • Setelah selesai merebus, saring rebusan untuk memisahkan daun dari airnya.
  • Biarkan air rebusan tersebut dingin sebelum dikonsumsi.

Baca Juga: Aman dan Sehat, Inilah Sayuran Hijau yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

Itulah cara membuat rebusan daun sukun untuk asam urat. Namun, pengobatan asam urat tidak hanya bisa bergantung pada air rebusan daun sukun saja. Penderita asam urat tinggi harus tetap memperhatikan asupan makanannya, seperti menghindari makanan yang mengandung purin.

Tak hanya itu, masih dibutuhkan penelitian lanjutan terkait efektivitas rebusan daun sukun untuk mengatasi asam urat. Pastikan Anda telah berkonsultasi ke dokter sebelum mencobanya, utamanya bagi Anda yang punya penyakit tertentu.

Selanjutnya: Pembiayaan Syariah Adira Finance Tumbuh Positif pada Awal Tahun Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News