Santai

Sebelum Berjemur, Perhatikan Dulu 4 Tips Berikut Ini

Sebelum Berjemur, Perhatikan Dulu 4 Tips Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Sebelum mulai berjemur, ada baiknya perhatikan beberapa tips berikut ini.

Berjemur sudah menjadi aktivitas yang melekat sejak munculnya Covid-19 lalu dan hingga kini masih banyak yang melakukan aktivitas ini.

Tujuan utama berjemur adalah untuk mendapatkan asupan vitamin D yang bisa diperoleh dari sinar matahari

Agar kegiatan berjemur jadi makin maksimal, ada beberapa tips yang bisa diterapkan.

Baca Juga: Mindful Eating, Cara Tepat biar Anda Berhenti Main Gadget saat Makan

Gunakan sunscreen

Sunscreen merupakan skin care wajib yang harus digunakan sebelum Anda berjemur. Tak peduli Anda pria atau wanita, sebaiknya sunscreen digunakan pada bagian wajah dan leher sebelum berjemur.

Sunscreen sendiri berguna untuk melindungi kulit Anda dari paparan radiasi sinar UV dan risiko terbakar.

Berjemur tidak melulu harus terkena wajah. Bagian penting lainnya seperti tangan, kaki, dan punggung juga harus diusahakan untuk terkena sinar matahari.

Perhatikan UV Index

Badan Meteorologi,Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG menerangkan bahwa UV index adalah angka tanpa satuan yang digunakan untuk menjelaskan tingkat paparan radiasi sinar ultraviolet.

Terbagi menjadi 5 tingkat, yaitu low, moderate, high, very high, dan extreme, tingkatan ini adalah yang harus Anda perhatikan sebelum berjemur. Berdasarkan tingkatannya, UV index paling aman untuk Anda dapat melakukan aktivitas berjemur adalah 2-3.

Jadi sebelum mulai berjemur, ada baiknya untuk mengecek dulu UV index di daerah tempat tinggal Anda ya. UV index daerah Anda dapat Anda pantau melalui smartphone.

Baca Juga: Mumpung Libur Panjang, Coba 6 Kegiatan Liburan Sekolah Bareng Keluarga Ini

Perhatikan jam

BMKG menjelaskan bahwa sinar matahari memiliki UV A, UV B, dan UV C. Nah, yang memiliki peran untuk membentuk vitamin D pada tubuh adalah UV B. UV A pada sinar matahari memiliki intensitas tinggi sepanjang hari.

Sedangkan UV B pada sinar matahari memiliki intensitas tertinggi pada jam 10 pagi hingga 3 sore. Maka dari itu, berjemur di antara jam 9 hingga 10 pagi selama kurang lebih 15 menit masih tetap menjadi anjuran.

Gunakan pakaian tipis

Saat berjemur, ada baiknya untuk menggunakan pakaian tipis. Sebab, sinar matahari dapat ditangkap lebih baik saat terkena langsung pada bagian tubuh.

Saat berjemur di waktu yang tepat, gunakan pakaian tipis yang nyaman dipakai. Namun, jika Anda terpaksa berjemur di waktu matahari memiliki intensitas tinggi, maka gunakan pelindung tambahan seperti topi atau jaket, ya.

Nah, jika sudah tau tips tersebut maka kegiatan berjemur Anda akan lebih maksimal, bukan?

Selanjutnya: Bill Gates Diingatkan Tidak Short Sell Saham Tesla, Elon Musk: Bisa Hancur Lebur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News