Santai

Mumpung Libur Panjang, Coba 6 Kegiatan Liburan Sekolah Bareng Keluarga Ini

Mumpung Libur Panjang, Coba 6 Kegiatan Liburan Sekolah Bareng Keluarga Ini

MOMSMONEY.ID - Liburan sekolah yang panjang tentu jadi waktu paling seru yang dinantikan banyak pelajar di seluruh dunia.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat liburan selain mengerjakan tugas dan belajar.

Agar liburan sekolah yang durasinya panjang tidak terbuang sia-sia, coba lakukan beberapa ide kegiatan liburan dari Momsmoney berikut ini bersama keluarga, yuk.

Baca Juga: 6 Latihan Untuk Mengasah Otak Agar Tidak Cepat Pikun, Lakukan Rutin Dari Sekarang

Pergi keluar kota

Dengan durasi liburan yang panjang, tentu waktu tersebut akan sangat bagus jika digunakan untuk berlibur ke luar kota bersama keluarga. Apalagi, jika memiliki saudara yang tinggal di kota berbeda.

Luangkan waktu 3-5 hari untuk menikmati liburan di kota atau bahkan negara baru bersama anak-anak. Pastikan juga untuk mengunjungi tempat-tempat ikonis di tempat yang dikunjungi, ya.

Mengunjungi museum

Meski sedang liburan, tak ada salahnya loh jika ingin pergi mengunjungi museum. Banyak museum di Indonesia yang bisa dikunjungi di berbagai kota berbeda.

Ada banyak peninggalan bersejarah dan ilmu pengetahuan baru yang tentu bisa diperoleh saat mengunjungi museum.

Beberapa museum legendaris yang bisa dikunjungi di Indonesia adalah Museum Benteng Vredeburg di Yogyakarta, Museum Nasional Indonesia, Museum Affandi di Yogyakarta, Taman Mini Indonesia Indah, dan Museum Angkut di Batu.

Baca Juga: Anti Kuman, Yuk Pakai Keset Diatomit Ini di Rumah

Piknik

Cuaca yang indah saat libur panjang jangan sampai disia-siakan, ya. Gunakan waktu tersebut untuk pergi keluar bersama keluarga dan menikmati piknik di luar rumah.

Sediakan makanan yang enak dan kegiatan seru seperti bermain layang-layang untuk mengisi waktu luang saat sedang piknik. Kegiatan lain seperti bermain kartu, gim, dan melakukan olahraga ringan juga bisa dilakukan.

Berkemah

Aktivitas liburan diluar rumah lain yang bisa dilakukan saat liburan adalah berkemah. Anak-anak yang jarang berkemah tentu akan sangat menantikan waktu untuk membangun tenda, tidur di dalam tenda, dan menyiapkan api unggun kecil.

Jika bisa, pilihlah tempat kemah yang nyaman dan memberikan nuansa alam menenangkan. Gunakan waktu tersebut untuk menikmati quality time bersama-sama.

Baca Juga: Cave Syndrome, Sindrom Takut Keluar Rumah dan Jenisnya

Pergi ke pantai

Jika bosan dengan pemandangan alam yang dominan berwarna hijau, cobalah pergi liburan ke pantai. Air laut yang biru dan cantik bisa dinikmati bersama keluarga saat liburan panjang.

Sediakan waktu yang cukup untuk melakukan perjalanan ke pantai dan bersantai sejenak di pinggir pantai. Nikmati hidangan boga bahari atau seafood dan air kelapa juga jika sempat.

Berdonasi

Waktu liburan sekolah adalah waktu yang tepat untuk mengajarkan anak berdonasi. Bersihkan rumah bersama-sama dan sortir barang-barang yang sudah tak terpakai lagi. Seperti mainan, buku, baju, alat tulis, hingga sepatu.

Biarkan anak-anak menyortir sendiri barang-barangnya dan memilah yang masih layak untuk didonasikan. Ajak juga anak-anak mengunjungi panti asuhan atau tempat donasi lainnya agar mereka merasakan pengalaman berbagi.

Nah, itulah tadi beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan saat liburan sekolah panjang bersama keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News