Santai

Resmikan Wisata Quran di Bandung, Sandiaga: Bisa Tingkatkan Pemahaman Al Quran

Resmikan Wisata Quran di Bandung, Sandiaga: Bisa Tingkatkan Pemahaman Al Quran

MOMSMONEY.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan wisata religi bertajuk Wisata Quran yang diinisiasi oleh Syaamil Quran, Bandung.

Saat meresmikan wisata religi ini, Sandiaga menyebutkan, Wisata Quran bukan sekadar daya tarik wisata biasa, karena taj hanya untuk melihat inovasi dan kreativitas desain Al Quran.

Tetapi juga meningkatkan pemahaman terhadap kitab suci Al Quran, sehingga nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dapat tersampaikan.

"Terus terang ini pertama kali saya meresmikan Wisata Quran dan ini betul-betul terobosan baru, inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Dengan peresmian ini, kita membuka pintu bagi siapapun yang ingin mendalami kekayaan Al Quran," ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis, Kamis (4/4).

Menurutnya, wisata ini juga bukan hanya untuk umat Islam, tapi untuk seluruh umat manusia yang ingin memahami dan merasakan kehadiran Al Quran dalam hidup mereka.

Wisata Quran merupakan salah satu bentuk wisata religi di Kota Bandung yang mengajak wisatawan melihat proses pembuatan mushaf Al Quran dari A-Z.

Baca Juga: Manfaatkan Momen Mudik Lebaran, Wings Luncurkan Minyak Angin Aromatherapy

Lebih lanjut, Sandiaga bilang, wisata Quran bukan hanya bagian dari pariwisata, namun juga menjadi bagian dari sektor ekonomi kreatif, karena terdapat dua subsektor kreatif yang ditonjolkan yaitu penerbit dan desain. 

"Ini saya melihat inovasi dan kreativitas desain Al Qur an ini lebih menarik, dan lebih meningkatkan pemahaman kita, serta nilai-nilai terkandung dalam Al Qur an ini bisa tersampaikan," kata Sandiaga.

Dia menambahkan, Ramadan menjadi bulan yang istimewa, karena pada bulan inilah diturunkannya Al Quran sehingga umat Islam dalam menjalani ibadah puasa seringkali diisi dengan membaca dan memahami Al Quran.

Menurutnya, Al Quran bukanlah sekadar kumpulan kata-kata yang diturunkan kepada Rasulullah SAW, lebih dari 1.400 tahun yang lalu. 

"Al Quran adalah petunjuk bagi seluruh umat manusia, sumber ilmu, inspirasi, dan pedoman hidup yang abadi," ungkap Sandiaga.

Selanjutnya: Gold Pauses Record Rally Ahead of US Jobs Data

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News