Keluarga

Daftar 7 Makanan yang Namanya Tercantum dalam Kitab Suci Al Quran

Daftar 7 Makanan yang Namanya Tercantum dalam Kitab Suci Al Quran

MOMSMONEY.ID - Bukan cuma hewan dan manusia saja, nyatanya nama-nama makanan juga disebut dalam Al Quran.

Seluruh nama makanan berikut ini memiliki “seribu” manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari buah hingga daging-dagingan.

Mari kita simak beberapa jenis makanan yang disebut dalam Al Quran, seperti dilansir dari The Islamic Information!

Madu

Seperti yang umat Muslim ketahui, salah satu surah dalam Al Quran, yakni An Nahl, memiliki arti “lebah”.

Makhluk lebah ditulis secara khusus dalam Al Quran karena lebah diberi wahyu khusus dari Allah SWT, sesuai dengan keterangan pada Surat An-Nahl ayat 68.

Baca Juga: 8 Ayat Al Quran Penghibur Patah Hati dan Kesedihan, Wajib Kamu Baca!

madu

An Nahl tak hanya menjabarkan mengenai lebah saja, tetapi juga seluruh bagian tubuhnya, termasuk madu yang dihasilkan. Nah, madu juga merupakan makanan yang disebut dalam Al Quran. Hal ini tertuang dalam Surat An-Nahl ayat 69.

Dalam An-Nahl ayat 69, dijelaskan bahwa madu ada berbagai macam warna. Madu juga disebut sebagai obat penyembuh bagi manusia.

Kurma

Kurma

Makanan menyehatkan yang disebut dalam Al Quran selanjutnya ada kurma.

“Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu,” Quran Surah Maryam ayat 25.

Kurma merupakan makanan favorit Rasulullah SAW yang punya segudang manfaat seperti vitamin dan mineral untuk kekebalan tubuh.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Khatamkan Bacaan Al Quran di Bulan Ramadan, Raih Pahalanya!

Daging unggas & burung puyuh

Ada sebuah makanan yang disebut dalam Al Quran, makanan ini adalah daging unggas & burung puyuh. Ini sesuai dengan perintah Nabi Muhammad SAW yang bersabda bahwa daging merupakan rajanya makanan karena kaya akan protein & mineral.

“Dan daging burung dari apa yang mereka inginkan,” Q.S. Al Waqiah ayat 21.

Daging unggas seperti ayam, burung puyuh, kalkun, hingga bebek memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Susu

Susu merupakan salah satu jenis makanan yang disebut dalam Al Quran. Ini tertuang dalam Surah Muhammad ayat 15 yang menjelaskan tentang perumpamaan surga.

Baca Juga: Bernilai Pahala, 8 Ibadah Ini Bisa Dilakukan Perempuan Muslim Meski Tengah Haid

Dikatakan bahwa di dalam surga, terdapat sungai yang airnya tidak payau, sungai susu yang rasanya tak berubah, sungai khamr (sungai air anggur) yang tidak memabukkan, serta sungai air madu yang murni.

Sesuai dengan anjuran Al Quran, susu hasil ternak seperti susu sapi, kambing, ataupun unta dianjurkan untuk dikonsumsi karena memiliki banyak gizi baik bagi tubuh.

Ikan

Ikan adalah makanan yang disebut dalam Al Quran Surat Al-Kahfi ayat 63.

Seperti yang disebutkan dalam Quran, hewan laut seperti ikan dianjurkan untuk dimakan. Sebab ikan memiliki nutrisi, gizi, dan mineral yang baik untuk tubuh & otak, salah satunya Omega 3.

Kandungan Omega 3, misalnya, yang terdapat pada ikan laut seperti salmon hingga sarden. Omega 3 memiliki banyak manfaat baik terutama untuk mencegah risiko penyakit jantung dan demensia.

Baca Juga: Fadhilah Shalat Tarawih di 15 Hari Pertama Ramadan, Bersihkan Dosa Masa Lalu

Zaitun

Buah zaitun

Buah zaitun adalah jenis makanan yang disebut dalam Al Quran Surah At Tin ayat 1.

“Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun,” Q.S. At Tin : 1

Buah zaitun merupakan salah satu makanan yang ada di surga. Selain itu, minyaknya, yaitu minyak zaitun juga dikenal sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut & kulit. Minyak ini juga dapat mengobati sakit maag.

Baca Juga: Bagaimana Hukum Berbagi Daging Kurban untuk Non-Muslim, Halal atau Haram?

Delima

Delima

Buah delima juga adalah makanan yang disebut dalam Al Quran Surat Ar-Rahman: 68

“Di dalam kedua surga itu ada buah-buahan, kurma dan delima,” Q.S Ar-Rahman : 68.

Sebagaimana yang tertera dalam Al Quran, buah delima dianjurkan untuk dimakan karena memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh,

Buah yang bercita rasa asam manis ini terkenal akan kandungan antioksidannya yang super tinggi & dapat mengontrol tekanan darah, serta mengatasi bad mood.

Itulah deretan makanan yang disebut dalam Al Quran. Sebenarnya, masih ada beberapa makanan yang disebut dalam Al Quran seperti pisang dalam QS Al Waqiah ayat 29, jahe dalam Al Insan ayat 17, serta jagung dalam An Naba ayat 15.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News