Santai

Perjalanan LRT Jabodebek Bertambah, Headway Makin Singkat

Perjalanan LRT Jabodebek Bertambah, Headway Makin Singkat

MOMSMONEY.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah melakukan uji coba penambahan 14 perjalanan LRT Jabodebek mulai 5 Agustus 2024. Dengan uji coba ini, jumlah total perjalanan LRT Jabodebek pada hari kerja meningkat dari 336 perjalanan menjadi 350 perjalanan.

Dengan penambahan ini,  headway atau jarak antar kereta juga menjadi semakin singkat.

“Jarak antar kereta juga menjadi lebih singkat, yakni 10 menit pada lintas Jatimulya - Dukuh Atas dan Harjamukti - Dukuh Atas. Serta 5 menit pada lintas Cawang - Dukuh Atas. Sebelumnya headway pada ketiga lintas tersebut saat peak hours mencapai 5,5 - 11 menit,” ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan tertulis, Selasa (13/8).

Penambahan perjalanan ini dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan penumpang. Meski begitu, Anne memastikan pihaknya tetap mengutamakan aspek keselamatan.

Sejak awal diluncurkan hingga bulan Juli 2024, LRT Jabodebek telah mengangkut 15.275.593 penumpang. Peningkatan animo masyarakat terlihat dari peningkatan jumlah penumpang dalam kurun waktu dua bulan terakhir.

Baca Juga: Pengalaman Menonton Olimpiade Paris 2024 dengan Teknologi Cloud dari Alibaba Group

Pada Juni 2024, penumpang LRT Jabodebek mengangkut 1.736.940 orang, selanjutnya pada bulan Juli 2024 menjadi 2.027.272 orang. Tercatat terdapat kenaikan 16,7% atau 290.332 penumpang pada periode tersebut.

Anne menerangkan, dari segi keselamatan, LRT Jabodebek telah terlindungi oleh Automatic Train Protection (ATP) serta Interlocking and Zone Controller.

"Dengan adanya ATP, LRT Jabodebek terlindungi dari overspeed dan jaminan pengereman yang andal. Adapun interlocking and zone controller berfungsi untuk menjamin tidak ada kesalahan pembentukan rute serta mendistribusikan otorisasi kontrol operasi LRT,” kata Anne.

Ia menambahkan dengan uji coba penambahan perjalanan LRT Jabodebek dapat memberikan kemudahan lebih bagi para pengguna, khususnya pada jam-jam sibuk yang sering mengalami kepadatan.

“Dengan GoA 3, LRT Jabodebek dibekali sistem keamanan dan keakuratan jadwal perjalanan yang baik. Dengan sistem pengoperasian yang canggih tersebut, KAI akan terus berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memastikan perjalanan LRT Jabodebek tetap selamat, aman dan nyaman,” ujar Anne.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News