Bugar

Penderita Kolesterol Boleh Konsumsi 5 Jenis Ikan Ini, Apa Saja?

Penderita Kolesterol Boleh Konsumsi 5 Jenis Ikan Ini, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Ada banyak jenis ikan yang aman untuk penderita kolesterol konsumsi. Cek daftarnya, yuk!

Bagi penderita kolesterol, memilih makanan yang tepat sangat penting. Seafood kerap disebut sebagai pantangan makanan untuk orang yang kolesterol tinggi. Namun, ternyata penderita kolesterol masih bisa konsumsi ikan, lo.

Menyadur dari Medical News Today, berikut ini adalah lima jenis ikan yang aman untuk penderita kolesterol:

1. Ikan salmon

Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik).

Omega-3 juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Konsumsi ikan salmon secara teratur dapat membantu menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Memicu Kolesterol Tinggi, Anda Harus Tahu!

2. Ikan sarden

Ikan sarden merupakan sumber omega-3 yang sangat baik, serta kaya akan protein dan vitamin D. Ikan ini juga rendah merkuri, yang membuatnya aman untuk dikonsumsi secara teratur.

Sarden dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan HDL, sehingga baik untuk penderita kolesterol.

3. Ikan makarel

Makarel adalah jenis ikan lain yang kaya akan asam lemak omega-3. Selain itu, ikan ini juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti vitamin B12 dan selenium.

Konsumsi ikan makarel dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko pembentukan plak dalam arteri, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Baca Juga: Bahaya! Jangan Langsung Tidur setelah Sahur karena 5 Hal Ini

4. Ikan cod atau kod

Ikan cod atau kod merupakan sumber protein tinggi yang rendah lemak dan rendah kalori. Meskipun kadar asam lemak omega-3 dalam cod tidak sebanyak ikan lain seperti salmon, tetapi tetap memberikan manfaat untuk kesehatan jantung.

Cod juga mengandung vitamin B12, selenium, dan fosfor, yang semuanya penting untuk fungsi tubuh yang optimal.

5. Ikan trout

Trout kaya akan omega-3, protein, dan vitamin B. Ikan ini juga rendah lemak jenuh, yang menjadikannya pilihan yang baik untuk penderita kolesterol.

Konsumsi ikan trout dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan.

Baca Juga: Khasiat Daun Salam untuk Asam Urat dan Kolesterol serta Cara Membuat Rebusannya!

Itulah daftar ikan yang aman untuk penderita kolesterol. Selain memilih jenis ikan yang tepat, penderita kolesterol juga perlu memperhatikan cara pengolahan ikan.

Hindari menggoreng ikan dengan minyak yang tidak sehat. Sebaiknya pilih metode memasak yang lebih sehat seperti memanggang, mengukus, atau memasak ikan dalam sup.

Dengan memilih ikan-ikan yang kaya akan omega-3 dan rendah lemak jenuh, penderita kolesterol dapat menikmati makanan lezat sekaligus menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News