Bugar

5 Kebiasaan yang Memicu Kolesterol Tinggi, Anda Harus Tahu!

5 Kebiasaan yang Memicu Kolesterol Tinggi, Anda Harus Tahu!

MOMSMONEY.ID - Kolesterol tinggi dapat menjadi pemicu munculnya penyakit lain, seperti penyakit jantung dan stroke. Tak banyak yang menyadari bahwa kebiasaan tertentu bisa jadi penyebab kolesterol melonjak naik. Lantas, apa saja kebiasaan yang memicu kolesterol tinggi?

Dapat menjadi langkah pencegahan dini, ketahui beberapa kebiasaan yang memicu kolesterol tinggi di bawah ini:

1. Pola makan tidak sehat

Mengutip dari laman Very Well Health, mngonsumsi makanan ang kaya akan lemak jenuh, lemak trans, dan gula olahan dapat berdampak pada tingkat kolesterol Anda.

The American Heart Association menyarankan agar hanya sekitar 5% hingga 6% dari total kalori harian Anda yang berasal dari lemak jenuh.

Penting untuk membatasi atau menghindari konsumsi gula olahan dan lemak trans yang banyak terdapat dalam makanan seperti kue, roti, dan keripik. Pastikan untuk selalu memeriksa label nutrisi pada kemasan makanan untuk mengetahui jumlah lemak dan gula yang terkandung.

Baca Juga: 5 Buah Ini Bantu Melancarkan BAB selama Bulan Puasa

2. Kurang gerak

Menghabiskan waktu berjam-jam duduk di sofa sambil menikmati camilan memang nyaman, tetapi kebiasaan ini dapat berkontribusi pada obesitas.

Obesitas yang disebabkan oleh kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan hipertensi, karena dapat menurunkan kolesterol HDL, yang berperan dalam menghilangkan kolesterol LDL dan meningkatkan trigliserida.

3. Merokok atau terpapar asap rokok

Merokok berdampak negatif pada kolesterol HDL dan menyebabkan penumpukan kolesterol LDL. Kebiasaan ini juga berhubungan dengan tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung.

Berhenti merokok dapat meningkatkan tingkat kolesterol dan melindungi arteri dari kerusakan. Bagi non-perokok, penting untuk menghindari paparan asap rokok.

Baca Juga: Khasiat Daun Salam untuk Asam Urat dan Kolesterol serta Cara Membuat Rebusannya!

4. Konsumsi alkohol berlebihan

Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan kolesterol tidak sehat. Untuk pria, disarankan tidak lebih dari dua minuman per hari. Sementara untuk wanita, batasnya adalah satu minuman.

Meskipun konsumsi alkohol yang terkontrol dapat meningkatkan HDL, lebih baik untuk menghindarinya.

5. Kurang tidur

Kurang tidur dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi dengan mengganggu metabolisme dan keseimbangan hormonal. Kebiasaan ini seringkali menyebabkan peningkatan kolesterol LDL dan penurunan HDL, serta dapat memicu stres yang berkontribusi pada penyakit jantung.

Baca Juga: Hindari Makanan Tinggi Lemak Jahat yang Tak Baik untuk Tubuh, Ini Daftarnya!

Nah, itulah sejumlah kebiasaan yang memicu kolesterol tinggi. Mengenali dan mengubah kebiasaan-kebiasaan yang dapat memicu kolesterol tinggi adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Selain mengubah gaya hidup, penting juga untuk melakukan pemeriksaan kolesterol secara rutin dan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran dan pengobatan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News