Keluarga

6 Jenis Ikan Air Tawar Favorit Orang Indonesia, Paling Sering Dikonsumsi!

6 Jenis Ikan Air Tawar Favorit Orang Indonesia, Paling Sering Dikonsumsi!

MOMSMONEY.ID - Selain karena harganya murah, jenis ikan air tawar punya rasa yang lezat & mengandung gizi sebaik ikan air laut.

Ikan air tawar juga sangat mudah dibudidayakan sehingga keberadaannya sangat berlimpah dipasaran.

Lantas, apa sajakah jenis ikan air tawar kegemaran orang Indonesia? Melansir dari Sasa.co.id & Kompas.com, yuk cari tahu bersama!

Baca Juga: Resep Ikan Mas Chili Bean Sauce Pedas Gurih, Inspirasi Menu Sajian Imlek Halal

Ikan mas

Resep Ikan Mas Chili Bean Sauce

Ikan mas adalah salah satu jenis ikan air tawar yang paling sering dibudidayakan. Ikan ini memiliki banyak kandungan gizi seperti fosfor, protein, dan kalsium yang baik untuk tubuh.

Ikan mas paling sering disantap dengan cara digoreng dan dinikmati hangat-hangat bersama nasi putih, tempe goreng, dan sambal rawit yang pedas.

Baca Juga: Resep Ikan Lele Geprek Sambal Ijo dengan Kulit Garing dan Sambal yang Super Pedas

Ikan lele

Ikan lele

Ikan lele jadi jenis ikan tawar paling populer dan jadi kegemaran orang Indonesia. Menu ikan lele tak cuma disajikan di pedagang kaki lima saja, tapi juga di restoran-restoran besar.

Ikan lele aman dikonsumsi ibu hamil karena kandungan merkurinya yang rendah.

Namun, pastikan ikan lele yang akan Anda konsumsi adalah jenis ikan yang diberi pakan berupa pakan ikan yang layak, dan bukan berasal dari tinja ataupun bangkai.

Baca Juga: Resep Masakan Pindang Ikan Bandeng Saus Merah yang Harum, Sedap, Bergizi Tinggi

Ikan bandeng

Jenis ikan air tawar lainnya yang jadi favorit masyarakat Indonesia ialah ikan bandeng. Ikan bandeng kerap kali diolah menjadi berbagai macam masakan, terutama pepes.

Resep Palumara Ikan Bandeng Khas Makassar

Salah satu keunggulan ikan bandeng karena dagingnya yang tak mudah hancur, sehingga masih sangat baik bahkan meski dimasak hingga berjam-jam lamanya.

Sayangnya, ikan bandeng memiliki duri yang sangat banyak dan kecil-kecil, sehingga pilihan terbaik memasaknya ialah dengan dipresto agar durinya dapat dimakan.

Baca Juga: Inspirasi Resep Bawal Panggang Sambal Mangga Muda Asam Pedas yang Menggoda

Ikan bawal

Ikan Bawal Bakar

Melansir dari Kompas, ikan bawal merupakan jenis ikan tawar yang termasuk ke dalam golongan spesies asli Indonesia. Ikan ini mudah beradaptasi sehingga tak sulit dikembangbiakkan bahkan meski berada di luar negeri.

Kelebihan ikan bawal ialah dagingnya yang tebal karena memiliki ukuran badan yang juga besar, bercita rasa gurih ketika sudah dimasak, serta tak terlalu banyak duri.

Baca Juga: Resep Ikan Patin Bumbu Woku, Nikmatnya Ikan Lembut Berkuah Bumbu Pedas Khas Manado

Ikan patin

Ikan patin

Ikan patin yang memiliki badan panjang dikenal sebagai jenis ikan air tawar yang membuat para pemilik usaha budidayanya menjadi untung.

Bagaimana tidak, ikan patin memiliki harga jual yang tinggi. Selain itu, ikan patin juga sering diolah menjadi aneka makanan di restoran-restoran besar.

Baca Juga: Resep Sup Ikan Kakap Merah yang Menggoda Lidah, Bergizi Tinggi Baik untuk Otak

Ikan kakap

Resep Sup Ikan Kakap Kuah Segar

Tak cuma bisa hidup di laut, ikan kakap bisa juga hidup di air tawar, loh. Meski begitu, rasa ikan kakap laut tak jauh berbeda dari jenis air tawar, yakni sama-sama gurih.

Ikan kakap sangat disukai masyarakat Indonesia karena merupakan sumber Omega-3 yang baik untuk otak.

Jadi itulah deretan jenis ikan air tawar yang paling digemari masyarakat Indonesia sebagai ikan yang dapat dikonsumsi. Sudahkah Anda mencoba semua jenis ikan di atas?

Selanjutnya: Menparekraf Tawarkan Peluang Investasi Pariwisata ke Pengusaha Properti Dubai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News