Santai

OYO Catat Peningkatan Penilaian Pelanggan Hingga Mei 2024, Ini Penyebabnya

OYO Catat Peningkatan Penilaian Pelanggan Hingga Mei 2024, Ini Penyebabnya

MOMSMONEY.ID - Platfom penyedia akomodasi, OYO mencatat adanya peningkatan penilaian pelanggan selama lima bulan di tahun 2024. Pada periode ini, rata-rata penilaian pelanggan sebesar 4,4+ dari nilai 5 untuk properti di Indonesia, ditambah lebih dari 68% pelanggan memberikan peringkat bintang 5.

Dari survei yang dilakukan terhadap lebih dari 60.000 pelanggan yang menginap di properti OYO, peningkatan peringkat pelanggan ini didorong oleh berbagai inisiatif strategis, termasuk peningkatan kualitas layanan, kebersihan, dan kenyamanan di setiap properti. Peningkatan peringkat juga terjadi pada hotel-hotel OYO di platform pemesanan perjalanan lainnya seperti Agoda, Booking.com dan Traveloka.

Adapun, berdasarkan data internal OYO, kenaikan peringkat penilaian pelanggan OYO di periode ini didasari dua program inisiatif OYO yakni program khusus yang fokus pada peningkatan pengalaman tamu, dan program Company Service yang baru saja diluncurkan pada Februari lalu.

Pada inisiatif yang berfokus pada peningkatan pengalaman tamu yang diluncurkan Desember 2023 lalu, OYO berupaya mempertahankan standar kualitas layanan seperti
pelatihan pada staf, perbaikan dan kelengkapan fasilitas, juga pelatihan ekstensif pada staf termasuk keterampilan pemecahan masalah untuk memberikan solusi
yang efektif terhadap permintaan dan masalah yang mungkin di hadapi oleh tamu.

Sementara program Company Service, dalam tiga bulan pertama diluncurkan, OYO mengumumkan peningkatan signifikan pada rating pelanggan sebesar 15% di hotel-hotel yang dikelola sendiri. Dalam waktu 3 bulan, 30 properti sudah bergabung dan diperkirakan akan terus bertambah hingga akhir tahun 2024.

Setiap properti Company Service pun dikurasi berdasarkan standar kualitas yang ekstensif, ditempatkan di lokasi yang strategis dan memiliki operator yang ditunjuk secara profesional.

Baca Juga: Promo KAI Cashback 25% Pembelian Tiket Lewat Access by KAI, Catat Ketentuannya

Peningkatan ini juga disebut mencerminkan komitmen OYO untuk menyediakan pengalaman menginap yang unggul bagi para tamu di seluruh Indonesia. OYO telah berhasil
meluncurkan dan mengelola sejumlah properti di berbagai kota di Indonesia.

Hendro Tan, Country Stock and Flow OYO Indonesia mengatakan, pencapaian dalam waktu singkat ini membuktikan dedikasi mereka dalam  mengupayakan peningkatan kualitas dan layanan bagi industri pariwisata.

"Hal ini merupakan perjalanan berkesinambungan dan kami berdedikasi untuk memanfaatkan teknologi, analisis data, dan feedback dari pelanggan kami untuk meningkatkan pelayanan secara keseluruhan, dan efisiensi operasional kami," ujar Hendro dalam keterangan tertulis, Selasa (11/6).

Dia juga mengatakan pihaknya akan terus memperluas portofolio dan membangun ekosistem kolaboratif yang berfokus pada kepuasan pelanggan.

Tak hanya itu, OYO juga terus  mendukung penerapan CHSE (Clean, Health, Safety, Environment dan Sustainability) dan inisiatif sanitized stay dan penerapan contactless check-in untuk memberikan kenyamanan kepada wisatawan di seluruh properti OYO di Indonesia.

Tak hanya berfokus pada ekspansi, bagi pemilik properti, strategi melalui program ‘Managed by OYO’ juga dihadirkan pada 2024 sebagai skema bisnis baru yang bertujuan membantu pemilik properti untuk bermitra dengan pengusaha lokal dalam mengelola operasional harian mereka.

Program Super OYO, juga dimaksimalkan untuk memberikan apresiasi pada mitra properti yang berhasil memenuhi parameter kepuasan pelanggan dan pelayanan yang maksimal. Sementara, untuk pelanggan setianya, ada OYO Wizard, program keanggotaan yang menawarkan berbagai keuntungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News