Keluarga

Mulai Pukul 08.00, Sinar UV Masih Cukup Berbahaya bagi Kulit & Mata!

Mulai Pukul 08.00, Sinar UV Masih Cukup Berbahaya bagi Kulit & Mata!

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) prediksi paparan sinar UV berbahaya masih berlanjut pada siang hari ini, Rabu, 21 Februari 2024. 

Kadar atau level bahaya sinar UV ini akan terasa dari sedang, tinggi, sangat tinggi hingga ekstrem pada hari pencoblosan Pemilu 2024. Saat Anda terpapar sinar UV yang menunjukan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko mengalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Nah bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. Yuk simak jadwal sinar UV berbahaya bakal melanda wilayah Anda!

Baca Juga: Cegah Tagihan Naik, Begini Cara Hemat Cuci Baju Pakai Mesin Cuci!

  • 08.00 WIB / 09.00 WITA / 10.00 WIT

Sinar UV berbahaya sangat tinggi dirasakan di wilayah Papua kecuali di Papua Tengah dan sebagian Papua Selatan. Kedua wilayah ini merasakan sinar UV berbahaya sedang. 

Sinar UV berbahaya tinggi dirasakan di Maluku dan pesisir timur Sulawesi. Sedangkan di Jawa bagian timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, sebagian besar Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara alami sinar UV berbahaya sedang. 

  • 09.00 WIB / 10.00 WITA / 11.00 WIT

Sinar UV berbahaya sedang kini meliputi Sumatera, Jawa bagian barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Papua Tengah dan Papua Pegunungan. Sinar UV berbahaya tinggi dirasakan di Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur, Jawa bagian tengah dan timur. 

Sinar UV berbahaya sangat tinggi dirasakan di wilayah Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara. Sinar UV berbahaya ekstrem irasakan di Maluku. 

  • 10.00 WIB / 11.00 WITA / 12.00 WIT

Sinar UV berbahaya tinggi dirasakan di Sumatera dan Jabodetabek serta Jawa Barat. Sinar UV berbahaya sangat tinggi dirasakan di Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan Kalimantan. 

Sinar UV berbahaya ekstrem dirasakan di Sulawesi dan Maluku. Adapun di Papua alami sinar V berbahaya sedang hingga tinggi. 

  • 11.00 WIB / 12.00 WITA / 13.00 WIT

Kondisi masih sama, namun Sumatera Utara kini alami sinar UV berbahaya sangat tinggi. 
Baca Juga: Sebelum Membelinya, Ini Kekurangan Lantai Ubin Keramik yang Perlu Anda Ketahui!  

Sinar UV berbahaya tinggi hingga ekstrem terus dialami di wilayah Indonesia. Pada pukul 15.00 WIT wilayah Papua baru aman kembali. Diikuti oleh Maluku, Sulawesi, Jawa dan Kalimantan pada pukul 15.00 WIB atau 16.00 WITA. Di Sumatera kondisi baru aman pada pukul 16.00 WIB. 

Sebaiknya hindari paparan matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir, air dan salju karena akan meningkatkan paparan UV. 

Selanjutnya: Cuaca Hari Ini (21/2) di Banten, Serpong Tangerang Hujan Tidak, ya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News