Keluarga

Sebelum Membelinya, Ini Kekurangan Lantai Ubin Keramik yang Perlu Anda Ketahui!

Sebelum Membelinya, Ini Kekurangan Lantai Ubin Keramik yang Perlu Anda Ketahui!

MOMSMONEY.ID - Yuk simak kekurangan menggunakan lantai ubin keramik di rumah sebelum membelinya!

Lantai ubin keramik adalah salah satu pilihan yang cukup populer. Terutama karena jenis lantai ini lebih tahan lama dan tidak mudah lembab. 

Namun tentunya, dengan kelebihan tersebut lantai ubin keramik juga memiliki kekurangan. Sehingga penting bagi Moms untuk mempertimbangkan kekurangan menggunakan lantai ubin keramik sebelum membelinya!

Baca Juga: Ini Kebiasaan yang Bisa Cegah Hilangnya Kolagen pada Kulit!

Apa itu lantai ubin keramik? 
Melansir Angi, lantai ubin keramik terbuat dari tanah liat yang dipanggang atau dibakar dengan suhu yang sangat tinggi. Kebanyakan ubin kemudian didesain dengan warna seperti kaca yang menciptakan esan unik dalam berbagai bentuk, pola dan warna. 

Apa kekurangan menggunakan lantai ubin keramik? 
Ternyata meski populer karena tahan lama, terjangkau dan anti lembab, lantai ubin keramik juga memiliki kekurangan. 

Lantai ubin keramik membutuhkan perawatan untuk mencegah kelembapan
Garis nat antar ubin cukup rentan terhadap kelembapan. Anda harus memastikan bahwa ubin Anda selalu tertutup rapat untuk mencegah air meresap ke dalam ubin, melemahkan instalasi atau menyebabkan tumbuhnya jamur. 

Jika ada tumpahan air di lantai, terutama di bagian natnya segera bersihkan dengan bubuk gosok untuk memulihkannya. 

Tidak nyaman untuk jalan
Lantai ubin keramik tidak tahan panas dengan baik dan cenderung terasa dingin. Ini membuat lantai keramik lebih cocok untuk Anda yang tinggal di iklim tropis. 

Baca Juga: Akhir Februari, Film Horor Pasar Setan Siap Hantui Bioskop Tanah Air

Selain itu lantai ubin keramik tidak nyaman untuk jalan karena permukaannya yang sangat keras. Namun Anda bisa mengatasinya dengan menambahkan karpet.

Benda yang jatuh akan mudah pecah
Lantai ubin keramik memiliki sifat yang tahan lama sehingga bisa digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Namun kekurangannya, benda yang jatuh seperti kaca atau piring pasti pecah. 

Selain itu permukaan ubin keramik yang halus dan rata akan licin saat basah. Ini perlu dipertimbangkan jika akan menggunakan ubin keramik menjadi lantai ubin keramik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News