Santai

Minat Berlibur Saat Long Weekend Tinggi, Berbagai Destinasi Dipadati Pengunjung

Minat Berlibur Saat Long Weekend Tinggi, Berbagai Destinasi Dipadati Pengunjung

MOMSMONEY.ID - Masyarakat Indonesia baru saja menikmati libur akhir pekan yang panjang (long weekend). Pada periode tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno pun mengatakan minat berlibur masyarakat khususnya di Jabodetabek tinggi.

"Kita tentunya sangat bersyukur ada long weekend kemarin dan animonya sangat tinggi," ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis, Senin (13/5).

Tingginya animo masyarakt ini pun terlihat dari data yang dikeluarkan PT Jasa Marga pada 8 hingga 10 Mei 2024, yang mana ada 478.761 kendaraan meninggalkan Jabodetabek atau meningkat sebesar 9,13% dibanding dari kondisi normal. 

Peningkatan tercatat di lintas empat gerbang utama yakni gerbang tol (GT) Cikupa arah Merak, GT Ciawi arah Puncak, GT Cikampek Utama arah Trans Jawa, dan GT Kalihurip Utama arah Bandung.

Baca Juga: Sari Ater Akan Bangun Cable Car, Hubungkan Kawasan Sari Ater dengan Destinasi Lain  

Sandiaga pun menyebutkan berbagai destinasi wisata menjadi destinasi favorit wisatawan. Bahkan, destinasi di Jakarta menjadi tujuan utama mulai dari Kebun Binatang Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah, dan Taman Impian Jaya Ancol. 

"Untuk Taman Impian Jaya Ancol, lebih dari 111.000 kunjungan yang tentunya menambah pergerakan  wisatawan," kata Sandiaga.

Untuk destinasi di luar Jabodetabek, destinasi yang dipadati wisatawan adalah Ciwidey, Lembang, dan Pangandaran untuk di Jawa Barat, Kota Lama Semarang, Borobudur, Malioboro, serta Dieng untuk destinasi di Jawa Tengah dan Yogyakarta. 

Sandiaga berharap, peningkatan pergerakan ini akan memperkuat pencapaian target kinerja pariwisata dan ekonomi kreatif pada 2024 untuk mencapai 1,2 miliar hingga 1,5 miliar pergerakan. 

Dengan begitu, peningkatan pergerakan masyarakat ini akan turut memberikan dampak pada peningkatan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News