Bugar

7 Cara Mengatasi Sakit Pinggang secara Alami yang Mudah Dilakukan

7 Cara Mengatasi Sakit Pinggang secara Alami yang Mudah Dilakukan

MOMSMONEY.ID - Anda sakit pinggang? Yuk, coba cara mengatasi sakit pinggang secara alami berikut ini.

Sakit pinggang adalah salah satu keluhan yang sering dialami banyak orang, terutama bagi mereka yang memiliki gaya hidup kurang aktif atau sering melakukan aktivitas yang melibatkan beban berat.

Ada berbagai cara alami yang dapat membantu meredakan nyeri ini tanpa harus mengandalkan obat-obatan. Melansir dari Medical News Today, di bawah ini adalah cara mengatasi sakit pinggang secara alami yang dapat Anda coba:

1. Berolahraga untuk menggerakkan otot

Berjalan kaki singkat, aerobik ringan, yoga, berenang, atau aktivitas lain yang tidak terlalu berat bisa membantu meredakan sakit punggung.

Memulai rutinitas olahraga harian yang melibatkan latihan kekuatan dan peregangan dapat menjaga otot tetap fleksibel dan kuat. Olahraga teratur juga bisa mencegah nyeri punggung di masa depan yang disebabkan oleh otot tegang.

Baca Juga: 9 Pilihan Daun untuk Mengobati Asam Lambung, Intip Daftarnya di Sini

2. Memperbaiki postur tubuh

Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan nyeri punggung bawah. Beberapa jenis olahraga seperti yoga, pilates, tai chi, latihan stabilitas inti, dan latihan aerobik dapat membantu memperbaiki postur tubuh dan mengurangi nyeri punggung.

Selain itu, penting untuk memperhatikan postur saat duduk, berdiri, atau berjalan. Pastikan untuk menghindari kebiasaan buruk seperti bersandar pada satu sisi tubuh.

3. Menggunakan kompres panas dan dingin

Kompres panas dan dingin bisa digunakan untuk mengurangi pembengkakan dan meredakan nyeri. Kompres dingin dapat digunakan segera setelah cedera untuk mengurangi peradangan.

Sementara itu, kompres panas dapat menenangkan punggung yang sakit dan meningkatkan aliran darah untuk mempercepat penyembuhan.

Baca Juga: Cocok untuk Diet, Intip Manfaat Pisang Rebus untuk Kesehatan Berikut Ini yuk

4. Melakukan peregangan

Peregangan tertentu bisa membantu meredakan nyeri punggung. Beberapa contoh termasuk menyentuh jari kaki untuk meregangkan paha belakang, pose Kobra untuk membuka dada, pose Kucing-Sapi untuk melenturkan punggung, dan pose Anak untuk meregangkan punggung bawah.

Peregangan ini sebaiknya dilakukan selama 30 detik atau selama terasa nyaman.

5. Mengoleskan krim pereda nyeri

Krim pereda nyeri yang mengandung mentol atau cannabidiol (CBD) bisa membantu meredakan nyeri punggung. Mentol memberikan efek pendinginan sementara pada nyeri, sedangkan krim CBD telah ditemukan dapat meredakan gejala nyeri punggung.

Namun, perlu diperhatikan bahwa penggunaan berlebihan dapat meningkatkan sensitivitas terhadap nyeri.

Baca Juga: Khasiat Teh Hijau untuk Kolesterol yang Layak Dicoba lo

6. Mencoba pijat

Pijat jaringan lunak dapat membantu meredakan nyeri punggung dalam jangka pendek. Namun, hindari pijatan jika ada infeksi kulit, luka bakar, atau tulang patah yang belum sembuh.

7. Menggunakan arnica

Arnica adalah obat homeopati yang dapat dioleskan pada kulit untuk mengobati nyeri otot, pembengkakan, dan memar. Meskipun penelitian ilmiah tentang efektivitasnya terbatas, arnica umumnya dianggap aman dengan sedikit risiko efek samping.

Itulah beberapa cara mengatasi sakit punggung secara alami yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News