Bugar

Cocok untuk Diet, Intip Manfaat Pisang Rebus untuk Kesehatan Berikut Ini yuk

Cocok untuk Diet, Intip Manfaat Pisang Rebus untuk Kesehatan Berikut Ini yuk

MOMSMONEY.ID - Salah satu camilan yang populer di Indonesia. Yuk, ketahui berbagai manfaat pisang rebus untuk kesehatan di sini!

Pisang adalah salah satu buah yang mudah ditemukan. Dengan rasa manis alami dan tekstur yang lembut, pisang menjadi pilihan yang disukai banyak orang sebagai camilan sehat.

Salah satu cara mengolah pisang yang kerap dipilih adalah dengan merebusnya. Pisang rebus tidak hanya mudah disiapkan, tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan.

Baca Juga: Apa yang Terjadi Jika Minum Es Teh Setiap Hari? Ini yang Terjadi pada Tubuh Anda

Melansir dari laman Fitness Volt, di bawah ini adalah beberapa manfaat pisang rebus untuk kesehatan:

1. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Sistem pencernaan berperan dalam menyerap nutrisi dan mengeluarkan limbah dari tubuh. Jika pencernaan tidak berfungsi dengan baik, kita tidak akan merasa sehat secara optimal.

Saluran pencernaan dipenuhi oleh mikroorganisme yang disebut bakteri usus yang memerlukan berbagai jenis makanan untuk berkembang. Di sinilah serat makanan berperan. Kabar baiknya adalah pisang rebus mengandung banyak serat.

Jadi, ketika menikmati pisang rebus, kita tidak hanya mendapatkan camilan lezat tetapi juga memberikan tubuh kita asupan serat yang cukup.

Serat ini tidak hanya mendukung pertumbuhan bakteri usus yang sehat, tetapi juga membantu mencegah sembelit dan bahkan mengurangi risiko masalah seperti sindrom iritasi usus besar (IBS).

Baca Juga: Khasiat Teh Hijau untuk Kolesterol yang Layak Dicoba lo

2. Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Dalam usaha menurunkan berat badan, penting untuk menemukan makanan yang bisa membuat Anda merasa kenyang. Pisang rebus adalah salah satu makanan yang bisa menjadi pilihan Anda dalam hal ini.

Serat tinggi dalam pisang rebus membuat Anda kenyang lebih lama, yang dapat membantu mengontrol nafsu makan. Pisang rebus juga kaya akan vitamin dan mineral, serta rendah kalori—kombinasi yang sempurna untuk diet.

Selain itu, rasa manis alami dari pisang rebus dapat memuaskan keinginan Anda untuk makan manis tanpa menambah asupan gula berlebih. Pisang rebus memiliki indeks glikemik rendah, sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah secara tiba-tiba.

Baca Juga: Waspadai ya! Begini Tanda Diabetes pada Kulit yang Sering Tak Disadari

3. Mengandung Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari stres oksidatif dan peradangan. Stres oksidatif tidak hanya disebabkan oleh virus atau bakteri, tetapi juga oleh aktivitas fisik yang intens.

Saat Anda berolahraga keras, tubuh memproduksi radikal bebas—molekul tidak stabil yang dapat merusak sel dan jaringan. Antioksidan membantu menetralisir radikal bebas ini, sehingga membantu tubuh pulih.

Pisang rebus mengandung berbagai antioksidan seperti vitamin C, vitamin A, dan polifenol, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengonsumsi pisang rebus secara rutin dapat menjaga kesehatan jantung, meningkatkan fungsi otak, dan bahkan mengurangi risiko penyakit serius seperti diabetes dan kanker.

Baca Juga: 8 Manfaat Kembang Kol bagi Kesehatan Tubuh Anda, Bantu Turunkan BB

4. Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Pisang rebus memang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Kalium dalam pisang membantu merelaksasi otot. Penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kadar kalium dalam tubuh dan kualitas tidur.

Pisang rebus juga mengandung magnesium, yang penting untuk relaksasi. Selain itu, pisang mengandung triptofan, asam amino yang berperan dalam siklus tidur-bangun.

Menyantap pisang rebus sebagai camilan sebelum tidur dapat membantu tubuh lebih rileks dan siap untuk tidur.

Baca Juga: Layak Dicoba! Ini 6 Minuman untuk Menurunkan Gula Darah yang Ampuh

Demikianlah manfaat pisang rebus bagi kesehatan yang dapat Anda ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Virus Mpox Menyebar, InJourney Airports Lakukan Upaya Preventif di Lingkungan Bandara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News