Santai

Menengok Kick Off Pertunjukkan Kolosal Teatrikal The Indonesian Broadway

Menengok Kick Off Pertunjukkan Kolosal Teatrikal The Indonesian Broadway

MOMSMONEY.ID - Pagelaran kolosal teatrikal Sabang Merauke The Indonesian Broadway semakin dekat terlaksana. Sekitar 657 seniman musik, tari, dan produksi turut serta dalam pertunjukan edukatif bertema Pahlawan Nusantara. 

Sebelumnya, The Indoensian Broadway berhasil memukau ribuan penonton dalam empat kali pementasan sejak tahun 2022. Kini, The Indonesian Broadway 2024 persembahan iForte dan BCA yang kelima kalinya siap digelar pada 17-18 Agustus 2024 di JIEXPO Theater, Kemayoran Jakarta Pusat.

Pagelaran tersebut akan dihelat selama dua hari dengan empat waktu pertunjukan. The Indoensian Broadway tahun ini diadakan bertepatan dengan perayaan Kemerdekaan Indonesia di tahun ini. 

Tema Pahlawan Nusantara dipilih untuk mengenal, menghargai dan melestarikan semangat para Pahlawan Indonesia dalam menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia sekaligus mengapresiasi kekayaan seni budaya Indonesia. 

Ferdinandus Aming Santoso, CEO & President Director iForte & Protelindo Group menjelaskan dalam keterangan tertulis, pagelaran ini merupakan ungkapan terima kasih kami kepada masyarakat Indonesia dari Sabang hingga Merauke, sejalan dengan jaringan infrastruktur iForte yang meluas.

Kolaborasi ini juga mencerminkan komitmen BCA yang memiliki kantor cabang di seluruh Indonesia. Kami percaya bahwa melalui seni pertunjukan, dapat memberikan dampak yang luas bagi karyawan, mitra serta masyarakat.

"Dengan fokus ini, iForte tidak hanya memperkuat posisi sebagai perusahaan yang peduli terhadap sosial, tetapi juga sebagai upaya kami untuk melestarikan seni budaya Indonesia, menyampaikan sejarah, dan mewariskan kekayaan budaya agar menginspirasi diri generasi muda Indonesia," ujarnya.

Rusmedie Agus, Sutradara Pagelaran Sabang Merauke, menceritakan, alur cerita berawal dari Sang Kakek menceritakan keberagaman Indonesia kepada cucunya. Sekarang, sang cucu menginspirasi diri dan teman-temannya untuk lebih mengenal keberagaman budaya Indonesia. 

Komposisi penyanyi juga lebih beragam dengan penambahan tiga penyanyi baru yang merepresentasikan generasi muda saat ini, yakni Yura Yunita, Yan Yosua, dan Alicia Hartono.

Baca Juga: Mengintip Latihan Akbar Ratusan Penari Jelang Sabang Merauke The Indonesian Broadway

Di samping penyanyi lainnya yang telah bergabung di pagelaran sebelumnya, yaitu Isyana Sarasvati, Mirabeth Sonia, Nino Prabowo, Alsant Nababan, Taufan Purbo, Christine Tambunan, Yuyun Arfah, Gabriel Harvianto, Swain Mahisa.

Pagelaran ini akan diramaikan bersama dengan 8 koreografer lainnya kfami menyajikan rangkaian tarian tradisional dari berbagai daerah, yang dikombinasikan dengan elemen kontemporer sehingga masih relevan dengan selera penonton masa kini. 

Uniknya, tahun ini kami menyelipkan tarian kontemporer non-tradisional seperti Street Dance untuk menciptakan variasi dan dinamika dalam pertunjukan.

"Ini menunjukkan bahwa budaya tradisional bisa dikombinasikan dengan budaya modern tanpa kehilangan esensi sejarahnya, menjembatani warisan budaya dengan ekspresi seni modern," kata Sandhidea Cahyo, Lead Koreografer Pagelaran Sabang Merauke. 

Musik dan lagu memiliki peranan penting dalam Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway ini. Dian HP selaku penata musik menjelaskan, perbedaan signifikan dari musik tahun lalu dengan tahun ini. 

Tahun ini, tetap mengedepankan tradisi yang kuat namun tetap relevan bagi generasi muda dengan mengintegrasikan elemen musik modern seperti EDM dan rap. 

"Musik Pagelaran Sabang Merauke tahun ini menggabungkan rasa tradisional dan modern, menciptakan harmoni antara keduanya. Dengan demikian, penonton dapat merasakan kekayaan budaya tradisional Indonesia sekaligus menikmati sentuhan modern yang menyegarkan," kata Dian. 

Pernyataan Dian HP diamini oleh Avip Priatna, Konduktor Jakarta Concert Orchestra. Dia menyampaikan, komposisi musik dari sisi orkestra akan memiliki peran yang penting seirama dengan alat musik tradisional, memberikan nuansa yang lebih kaya, megah dan kolosal. 

Isyana Sarasvati, Musisi dan Penyanyi Pagelaran Sabang Merauke yang sudah terlibat dipagelaran sebelumnya, tahun ini akan memerankan peran baru, yakni Martha Christina Tiahahu, pahlawan dari Maluku. Peran ini memberikan tantangan dan pengalaman baru yang sangat berbeda dari tahun sebelumnya. 

Baca Juga: 27 Penari Lolos The Audition Untuk Tampil di Teatrikal The Indonesian Broadway

Sementara Yura Yunita akan berperan sebagai biduan Sunda yang menghibur para penonton, serta sebagai Putri Papua.

"Aku berharap, melalui peran - peran ini, aku bisa menyampaikan keindahan dan kekayaan budaya Indonesia kepada seluruh penonton, serta menginspirasi mereka untuk terus mencintai dan melestarikan warisan budaya kita," kata Yura. 

Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway juga identik dengan busana etnik wastra nusantara yang berasal dari berbagai sanggar seni juga rumah mode. 

Dan, melibatkan desainer-desainer ternama Indonesia yang tergabung dalam Indonesia Fashion Designers Council (IFDC), salah satunya Ivan Gunawan yang telah terlibat sejak 2022. 

Sebagai salah satu desainer Taufik Bachtiar membantu mengkoordinasi para desainer dan menetapkan arahan yang jelas. Sanggar Kancil, di bawah pimpinan Tri Anggoro, mendukung dengan pengadaan kostum penari, memilih kain dan aksesoris yang sesuai.

Proses ini berlangsung berbulan-bulan, dengan fokus pada detail untuk menciptakan pertunjukan yang spektakuler dan menginspirasi.

iForte juga memperkenalkan video klip terbarunya dengan lagu "Inspirasi Diri" ciptaan Eross Chandra yang juga dikenal sebagai Gitaris Sheila on 7 dan dinyanyikan oleh Yura Yunita, Yan Joshua, Yuyun Arfah, Batavia Madrigal Singer, dan gitaris muda Abim dan Elpitu.

Serta melibatkan Dunung Basuki sebagai lead dari unsur musik tradisional. Lagu ini akan menjadi salah satu lagu di Pagelaran Sabang Merauke yang diharapkan dapat memberikan inspirasi untuk semua penonton pertunjukan ini terutama generasi muda. 

Tiket Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway 2024 akan mulai dijual pada tanggal 11 Juli 2024 melalui platform Tiket.com. Tiket tersedia dalam beberapa kategori di antaranya Diamond, Platinum, Gold dan Silver.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News