Santai

Mengintip Latihan Akbar Ratusan Penari Jelang Sabang Merauke The Indonesian Broadway

Mengintip Latihan Akbar Ratusan Penari Jelang Sabang Merauke The Indonesian Broadway

MOMSMONEY.ID - Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway akan segera berlangsung pada 17-18 Agustus 2024 di JIEXPO Theater, Kemayoran, Jakarta Pusat. Agar pertunjukkan berjalan lancar, digelar latihan akbar oleh ratusan penari di acara ini. 

Latihan akbar resmi dimulai sejak 19 Juni lalu di LPP Agro Nusantara, Yogyakarta. Kegiatan ini melibatkan 225 penari dari Aceh hingga Papua. Para penari akan menjalani program latihan intensif dalam mempersiapkan pertunjukan akbar.

Pertunjukan bertema Pahlawan Nusantara ini akan menggabungkan tarian tradisional dan kontemporer serta musik modern dan tradisional yang di arrange oleh Dian HP.

Diringi oleh Jakarta Concert Orchestra dan paduan suara berprestasi Batavia Madrigal Singers dan The Resonanz Children Choirs pimpinan Avip Priatna.

Para seniman nasional Indonesia lainnya juga turut andil dalam pertunjukan kolosal teatrikal ini, yaitu Isyana Sarasvati, Yura Yunita, Mirabeth Sonia, Nino Prabowo, Alsant Nababan, Taufan Purbo.

Kemudian, Christine Tambunan, Yuyun Arfah, Alicia Hartono, Gabriel Harvianto, Swain Mahisa, Yan Joshua, Risang Janur Wendo, Mugiyono Kasido, hingga Indra Bekti, salah satu tokoh hiburan di Indonesia.

Yogyakarta dipilih sebagai pusat latihan para penari karena pertama kali pagelaran ini diselenggarakan di Candi Prambanan sehingga kota ini memiliki nilai historis dan emosional yang kuat bagi pagelaran tersebut.

Baca Juga: 27 Penari Lolos The Audition Untuk Tampil di Teatrikal The Indonesian Broadway

Kick off latihan akbar ditandai dengan pemberian tumpeng serta doa bersama untuk memohon keberkahan dan kelancaran selama persiapan hingga berlangsungnya acara.

F. Aming Santoso, Presiden Direktur & CEO iForte dan Protelindo Group, mengatakan, melalui latihan ini, semua yang terlibat di pertunjukan tidak hanya mengasah keterampilan tari, tetapi juga memperkuat cinta dan kebanggaan terhadap budaya Indonesia.

Dalam proses latihan ini, koreografer ternama Indonesia yang memiliki reputasi dan pengalaman luar biasa di bidang seni tari, seperti Pulung Jati Ronggo, Dian Bokir, Eka Lutfi Febriyantono, Bening Krisna.

Lalu, Rizky Amalia, Erine Fatmawati, Stella Aurellia, Juli Sandra, dan Sandhidea Cahyo Narpati sebagai lead koreografer bersama-sama bekerja menciptakan pertunjukan teatrikal kolosal yang penuh kejutan.

Sandhidea Cahyo Narpati mengungkapkan, tantangan di tahun ini jauh lebih besar. Sebab jumlah penari lebih banyak. Meski begitu, nantinya akan tercipta koreografi yang memukau indah dan harmonis.

"Ada penambahan 27 penari dari "The Audition - Pagelaran Sabang Merauke" The Indonesian Broadway yang berasal dari Aceh hingga Papua, yang akan membawa nuansa baru dan memperkaya pertunjukan tahun ini," kata Cahyo dalam keterangan tertulis, Rabu (26/6).

Baca Juga: 50 Penari Lolos Final The Audition Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway

Pagelaran ini diselenggarakan tidak hanya bertujuan untuk menghibur, tetapi juga untuk mengedukasi masyarakat sekaligus generasi muda tentang kekayaan budaya Indonesia. 

Tema tahun ini tetap mengusung Pahlawan Nusantara. Pada pagelaran tahun lalu, Sang Kakek mengajarkan keberagaman kebudayaan dan pengetahuan tentang pahlawan nusantara, kepada Sang Cucu.

Tahun ini, Sang Cucu menginspirasi diri dan teman-temannya dengan membagikan ajaran dan pesan Sang Kakek untuk mengenal, mencintai dan melestarikan kekayaan budaya Indonesia.

Silvi Liswanda, Executive Producer PSM dan Wakil Presiden Direktur & Deputy CEO iForte, bilang, latihan akbar ini bukan hanya tentang kekompakan para penari.

Tetapi juga bagaimana menggabungkan energi positif cinta tanah air dari lebih dari 30 profesi yang terlibat dalam upaya melestarikan kebudayaan Indonesia. 

"Di sini, kita semua membawa misi penting, yaitu menyebarkan dan merayakan keberagaman budaya Indonesia dengan memberikan penampilan terbaik di perhelatan ini," ujar Silvi. 

Selanjutnya: Menuju Samsung Galaxy Unpacked 2024, Intip Bocoran Produk yang Bakal Dirilis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News