Keluarga

Masih Ada Sinar UV Berbahaya Hari Ini! Hindari Aktivitas Luar Ruangan

Masih Ada Sinar UV Berbahaya Hari Ini! Hindari Aktivitas Luar Ruangan

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, akan ada paparan sinar UV berbahaya hari ini, Rabu, 22 November 2023.

Paparan sinar UV berbahaya tinggi akan mulai dirasakan di Papua pada pukul 07.00 WIB atau 09.00 WIT. Pada jam ini, sebagian Papua, seluruh Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur bakal alami paparan sinar UV berbahaya sedang. 

Kemudian, pada pukul 08.00 WIB sebagian besar Papua akan alami sinar UV berbahaya sangat tinggi. Sedangkan Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur akan alami sinar UV berbahaya tinggi.

Pada pukul 09.00 WIB, Papua dan sebagian Maluku akan alami sinar UV berbahaya ekstrem. Sinar UV berbahaya ekstrem ini akan segera menyebar ke wilayah lain di Indonesia. 

Baca Juga: Simak Perbedaan SPF dan PA untuk Kulit Pada Produk Sunscreen

Ini jadwal puncak paparan sinar UV berbahaya dengan level risiko sangat tinggi hingga sangat ekstrem di Indonesia pada Rabu, 22 November 2023:

  • 10.00 WIB: hampir seluruh wilayah Papua, Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara alami bahaya sinar UV level bahaya ekstrem. Kemudian Kalimantan dan Jawa alami sinar UV dengan bahaya sangat tinggi.  Sumatera alami sinar UV berbahaya sedang.
  • 11.00 WIB: Sebagian Maluku, Sulawesi, Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara alami sinar UV bahaya ekstrem. Sedangkan sebagian Sumatera, seluruh Jawa, Maluku dan Papua alami sinar UV berbahaya sangat tinggi. 
  • 12.00 WIB: Seluruh jawa, sebagian kecil Kalimantan, sebagian kecil Sumatera, seluruh Bali dan Nusa Tenggara, sebagian Sulawesi dan Maluku alami sinar UV berbahaya sangat tinggi. Wilayah lain alami sinar UV berbahaya sedang hingga tinggi. 

Adapun puncak paparan sinar UV berbahaya di Indonesia akan terjadi sejak pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB. Pada pukul 13.00 WIB atau 15.00 WIT Papua sudah tidak alami sinar UV berbahaya. Sedangkan wilayah lain masih waspada bahaya sinar UV. 

Level bahaya sinar UV akan berangsur pulih setelah pukul 13.00 WIB. Kondisi paling aman akan terjadi mulai pukul 15.00 WIB. 

Baca Juga: Pahami 5 Manfaat Facial Detox Whitening untuk Kecantikan

Saat terpapar sinar UV yang menunjukkan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko menalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Nah, bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung, perlu semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Sehingga, sebaiknya hindari paparan Matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat Matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta, oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir, air dan salju karena akan meningkatkan paparan UV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News