Keluarga

Siang Ini Bakal Ada Paparan Sinar UV Berbahaya, Pakai Pelindung Saat Keluar Ruangan!

Siang Ini Bakal Ada Paparan Sinar UV Berbahaya, Pakai Pelindung Saat Keluar Ruangan!

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) prediksi akan ada paparan sinar UV berbahaya hari ini, Selasa, 21 November 2023.

BMKG memprediksi paparan sinar UV berbahaya tinggi akan mulai dirasakan di Papua pada pukul 07.00 WIB atau 09.00 WIT. Pada jam ini, sebagian Papua, seluruh Sulawesi dan Maluku bakal alami paparan sinar UV berbahaya sedang. 

Baca Juga: Ulang Tahun ke-1, Museum Prasejarah Semedo Adakan Acara Kenduri Budaya Ki Watu Balung

Kemudian pada pukul 08.00 WIB pagi, sebagian besar Papua dan Maluku akan alami sinar UV berbahaya level sangat tinggi. Sedangkan Sulawesi dan Nusa Tenggara Timur akan alami sinar UV berbahaya tinggi. 

Adapun pada jam yang sama dengan di atas, Kalimantan, Jawa dan Bali mengalami sinar UV berbahaya level sedang. 

Kemudian pada pukul 09.00 WIB, Papua dan Maluku akan alami sinar UV berbahaya ekstrem. Di Sumatera, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara akan alami sinar UV berbahaya level sangat tinggi. Sedangkan Kalimantan dan Jawa akan alami sinar UV berbahaya sedang. 

Sehingga ini jadwal puncak paparan sinar UV berbahaya dengan level risiko sangat tinggi hingga sangat ekstrem di Indonesia pada Selasa, 21 November 2023.

  • 10.00 WIB: hampir seluruh wilayah Papua, Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara alami bahaya sinar UV level bahaya ekstrem. Kemudian Kalimantan dan Jawa alami sinar UV dengan bahaya sangat tinggi.  Sumatera alami sinar UV berbahaya sedang.
  • 11.00 WIB: Seluruh wilayah Papua, Sumatera, Jawa dan Kalimantan alami sinar UV bahaya sangat tinggi. Maluku, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara alami sinar UV bahaya ekstrem.
  • 12.00 WIB: Seluruh wilayah Papua dan Kalimantan alami sinar UV bahaya sedang. Adapun Maluku, sebagian besar Sulawesi, Jawa, Nusa Tenggara, serta sebagian Sumatera alami sinar UV berbahaya sangat tinggi. Kalimantan alami sinar UV dengan bahaya sedang.

Adapun puncak paparan sinar UV berbahaya di Indonesia akan terjadi sejak pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB. Pada pukul 13.00 WIB atau 15.00 WIT Papua sudah tidak alami sinar UV berbahaya. Sedangkan Maluku alami sinar UV bahaya sedang. 

Level bahaya sinar UV akan berangsur pulih setelah pukul 13.00 WIB. Di mana kondisi paling aman akan terjadi mulai pukul 15.00 WIB. 

Baca Juga: Hindari Kecelakaan, KAI Imbau Masyarakat Disiplin Berlalu Lintas di Perlintasan

Saat  Anda terpapar sinar UV yang menunjukkan risiko berbahaya sangat tinggi , Anda berisiko menalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Nah bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Sehingga sebaiknya hindari paparan matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir, air dan salju karena akan meningkatkan paparan UV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News