Bugar

Manfaat Makan Buah Pepaya untuk Penderita Diabates, Cek di Sini

Manfaat Makan Buah Pepaya untuk Penderita Diabates, Cek di Sini

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda tentang manfaat makan buah pepaya untuk penderita diabetes? Yuk, cek ulasan lengkapnya di sini!

Pepaya banyak digemari karena kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi. Bagi penderita diabetes, menjaga kadar gula darah adalah hal utama yang harus diperhatikan dan pola makan yang tepat memegang peran kunci.

Dalam hal ini, pepaya menjadi pilihan buah yang menarik karena memiliki sejumlah manfaat bagi penderita diabetes.

MomsMoney akan mengulas terkait manfaat makan buah pepaya pada kesempatan kali ini. Simak, ya!

Baca Juga: Gula Darah 90 Apakah Normal? Simak Faktanya di Sini, yuk!

Manfaat Makan Buah Pepaya untuk Penderita Diabetes

Mengutip dari Alodokter, pepaya termasuk buah yang aman untuk diabetes. Hal ini karena pepaya memiliki indeks glikemik sedang, yang berarti tidak membuat kadar gula darah naik secara drastis.

Selain itu, pepaya kaya akan serat yang membantu memberikan rasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makan camilan manis yang bisa meningkatkan gula darah.

Pepaya juga mengandung antioksidan yang berfungsi membantu menurunkan kadar gula darah. Bagi penderita diabetes, konsumsi makanan tinggi serat seperti buah dan sayuran sangat dianjurkan untuk menjaga keseimbangan gula darah.

Melansir dari Halodoc, pepaya fermentasi adalah salah satu jenis pepaya yang direkomendasikan untuk penderita diabetes.

Mengonsumsi pepaya fermentasi secara rutin dianggap membantu menstabilkan kadar gula dalam darah karena proses fermentasinya. Namun, pepaya segar juga tetap boleh dikonsumsi, asalkan porsinya terkontrol.

Baca Juga: Apa Itu Resistensi Insulin? Kenali Gejala dan Penyebabnya Berikut Ini

Pepaya segar mengandung air dan gula alami yang lebih tinggi, sehingga jika dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah.

Penderita diabetes yang mengonsumsi obat-obatan untuk mengontrol gula darah perlu berhati-hati agar tidak makan pepaya terlalu banyak. Ini karena kadar gula darah bisa turun terlalu rendah, sehingga memicu risiko hipoglikemia.

Buah-Buahan Lain yang Baik untuk Penderita Diabetes

Ulasan di atas telah menjelaskan manfaat makan buah pepaya untuk penderita diabetes. Selain pepaya, berikut adalah buah-buahan lain yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes:

1. Stroberi

Stroberi kaya serat dan vitamin C yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga membantu pengaturan gula darah. Konsumsi langsung untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.

2. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat yang mendukung penderita diabetes. Buah ini juga membantu menjaga berat badan ideal, menurunkan kolesterol, dan mengontrol gula darah tanpa menyebabkan lonjakan gula yang tajam.

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Air Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Apa Sajakah Itu?

3. Apel

Apel rendah kalori, karbohidrat, dan kaya serat serta vitamin C. Kulit apel dapat memenuhi 20% kebutuhan serat harian, membuatnya sangat baik untuk pengaturan gula darah.

4. Jeruk

Jeruk kaya vitamin C dan mengandung folat serta kalium yang baik untuk mengontrol tekanan darah. Kandungan karbohidrat dan kalorinya yang rendah membuatnya aman bagi penderita diabetes.

5. Pir

Pir tinggi serat dan rendah karbohidrat, sehingga aman untuk penderita diabetes. Buah ini bisa dimakan langsung, dijadikan salad, atau diolah menjadi jus.

Baca Juga: Jenis Kopi yang Aman untuk Penderita Asam Lambung, Coba Yuk!

6. Jambu Biji

Jambu biji memiliki indeks glikemik rendah dan kaya vitamin C, folat, beta karoten, serta protein, yang baik bagi penderita diabetes.

7. Ceri

Ceri mengandung antioksidan dan kalium yang bermanfaat bagi imunitas penderita diabetes. Ceri kalengan yang tidak diberi tambahan gula juga masih aman dikonsumsi.

Demikianlah ulasan lengkap terkait manfaat makan buah pepaya untuk penderita diabetes serta rekomendasi buah lainnya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Jadi Waketum Kadin, Raffi Ahmad: Setelah Prabowo Dilantik Sinergi Akan Lebih Baik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News