Bugar

Lebih Sehat untuk Tubuh, Ini 6 Pemanis Alami Pengganti Gula yang Patut Dicoba

Lebih Sehat untuk Tubuh, Ini 6 Pemanis Alami Pengganti Gula yang Patut Dicoba

MOMSMONEY.ID - Konsumsi gula berlebih sudah seperti gerbang pintu bagi berbagai penyakit untuk menjangkiti tubuh Anda. Sebut saja diabetes, penyakit yang sangat umum di masa kini. Untuk mencegahnya, Anda dapat mengurangi konsumsi gula atau menggantinya dengan bahan yang lebih sehat. Sebagai alternatifnya, ada sejumlah pemanis alami pengganti gula yang dapat Anda coba.

Menyadur dari laman Alodokter, berikut ini adalah beberapa pemanis alami pengganti gula yang lebih sehat untuk tubuh Anda:

1. Stevia

Stevia adalah pemanis yang berasal dari daun tanaman Stevia rebaudiana, yang tidak mempengaruhi kadar gula darah dan tidak mengandung kalori, sehingga ideal untuk penderita diabetes dan mereka yang ingin menurunkan berat badan. Stevia juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga baik untuk penderita hipertensi.

Baca Juga: Jam Makan yang Baik untuk Penderita Asam Lambung, Cek di Sini yuk

2. Xylitol

Xylitol adalah pemanis alami yang berasal dari buah-buahan atau sayuran. Dengan hanya 2,4 kalori per gram, xylitol menawarkan rasa manis yang mirip dengan gula pasir tanpa menyebabkan kerusakan gigi atau mempengaruhi kadar gula darah dan insulin. Namun, konsumsi berlebihan xylitol dapat menyebabkan kembung atau diare.

3. Madu

Madu adalah pilihan pengganti gula yang lebih sehat karena tidak langsung menyebabkan peningkatan kadar gula darah setelah konsumsi. Selain itu, madu kaya akan polifenol yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, pengaturan gula darah, dan penurunan risiko kanker.

Namun, perlu diingat bahwa madu masih memiliki kalori yang cukup tinggi, yaitu 21 kalori per sendok makan, sehingga konsumsi berlebihan bisa berdampak pada peningkatan berat badan.

Baca Juga: 17 Makanan Penurun Gula Darah yang Layak Dicoba, Penderita Diabetes Catat ya!

4. Kurma

Kurma dikenal dengan rasa manis alaminya dan kaya akan nutrisi seperti serat, vitamin B6, kalium, magnesium, dan mangan, serta antioksidan seperti karotenoid dan polifenol. Meski tinggi kalori, yaitu 23 kalori per buah, kurma tidak langsung meningkatkan kadar gula darah.

5. Lo han kuo (Monk Fruit)

Lo han kuo adalah buah dari Cina Selatan yang memiliki kemanisan 150–200 kali lebih manis daripada gula pasir dan tidak mengandung kalori atau karbohidrat, serta membantu mengendalikan kadar gula darah.

Pastikan untuk memeriksa label produk pemanis lo han kuo untuk memastikan tidak ada penambahan gula atau pemanis buatan yang dapat mengurangi manfaatnya.

Baca Juga: 10 Pengaruh Diabetes Pada Tubuh Anda, Simak Ulasannya di Sini

6. Allulose

Allulose adalah gula alami yang ditemukan dalam beberapa buah seperti buah tin dan kismis. Dengan rasa manis yang setara dengan 70% gula pasir dan sangat rendah kalori, hanya 0,2 kalori per gram, allulose adalah pilihan yang cocok untuk mereka yang baru memulai program penurunan berat badan dan juga aman bagi penderita diabetes. Seperti xylitol, konsumsi allulose yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Itulah daftar pemanis alami pengganti gula yang lebih sehat untuk tubuh Anda. Meskipun begitu, Anda tetap dianjurkan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang terukur, ya. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News