Bugar

7 Obat Penurun Gula Darah Alami yang Bisa Anda Coba

7 Obat Penurun Gula Darah Alami yang Bisa Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Gula darah yang tinggi sepatutnya diantisipasi dan segera ditangani. Sebab, jika dibiarkan begitu saja, kondisi ini bisa berubah menjadi penyakit diabetes. Mengubah gaya hidup menjadi sehat adalah langkah yang tepat. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengonsumsi obat penurun gula darah alami.

Namun, apa saja obat alami tersebut? Melansir dari Botanical Institute, berikut ini adalah beberapa rekomendasi obat penurun gula darah alami yang bisa Anda coba:

1. Kayu Manis

Penelitian menunjukkan bahwa kayu manis adalah salah satu herbal terbaik untuk menstabilkan gula darah. Sebuah studi klinis melibatkan 140 orang dengan diabetes tipe II menemukan bahwa suplementasi dengan kayu manis membantu menurunkan kadar gula darah, berat badan, dan angka kolesterol. Hasil ini terutama efektif pada pasien dengan BMI awal yang lebih tinggi.

Baca Juga: 6 Obat Herbal Darah Tinggi yang Paling Baik dan Ampuh

2. Jahe

Sebuah uji klinis menemukan bahwa mengonsumsi 1.600-4.000mg jahe setiap hari dapat meningkatkan kadar glukosa darah pada individu dengan diabetes tipe II. Jahe mengandung fitokimia aktif seperti shogaol, gingerol, dan paradol yang bertanggung jawab atas tindakan menurunkan gula darah.

3. Kunyit

Sebuah studi menunjukkan suplementasi kunyit meningkatkan sekresi insulin setelah makan, membantu memindahkan glukosa ke dalam sel, dan menurunkan kadar gula darah. Sebuah uji klinis melibatkan 240 orang dengan hiperglikemia menemukan bahwa ekstrak kurkumin secara signifikan mengurangi kadar glukosa darah puasa dan rata-rata setelah 3 bulan.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Lauk yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

4. Teh Hijau

Studi klinis menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan resistensi insulin dan kadar insulin pada individu dengan diabetes tipe 2. Konsumsi harian teh hijau juga dikaitkan dengan risiko lebih rendah untuk mengembangkan diabetes.

5. Bawang Putih

Konsumi suplemen bawang putih bersama metformin lebih efektif dalam menurunkan kadar glukosa darah pada pasien diabetes tipe 2 daripada hanya menggunakan bawang putih saja. Bawang putih juga terbukti dapat menurunkan kadar gula darah puasa dan HbA1C.

Baca Juga: 6 Tepung Paling Sehat, Ada yang Bisa Menurunkan Gula Darah

6. Lidah Buaya

Pengobatan dengan jus lidah buaya dapat menurunkan kadar gula darah dan trigliserida pada individu dengan diabetes. Suplementasi lidah buaya juga terbukti menurunkan LDL, HbA1C, dan kolesterol total.

7. Kemangi

Studi menunjukkan bahwa konsumsi kemangi bersama Glibenclamide lebih efektif dalam menurunkan kadar glukosa darah daripada menggunakan Glibenclamide saja. Konsumsi 3g bubuk kemangi sebelum makan juga terbukti dapat mengurangi kadar glukosa pasca makan secara signifikan.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengurangi Konsumsi Gula untuk Kesehatan Anda

Demikianlah beberapa rekomendasi obat penurun gula darah alami yang bisa Anda coba. Penggunaan obat penurun gula darah alami dapat menjadi tambahan yang bermanfaat untuk pengelolaan diabetes.

Namun, obat alami ini harus digunakan sebagai bagian dari rencana pengelolaan keseluruhan yang juga mencakup diet sehat, olahraga, dan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai penggunaan obat alami untuk memastikan hal itu aman dan tidak akan berinteraksi dengan obat-obatan lain yang Anda konsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News