M O M S M O N E Y I D
Santai

Laporan Lazada: Baru 42% Penjual Online di Indonesia Mengadopsi AI

Laporan Lazada: Baru 42% Penjual Online di Indonesia Mengadopsi AI
Reporter: Lidya Yuniartha  |  Editor: Lidya Yuniartha


MOMSMONEY.ID - Platform e-commerce Lazada meluncurkan riset berjudul Menjembatani Kesenjangan AI: Persepsi dan Tren Adopsi Penjual Online di Asia Tenggara. Survei yang dikembangkan ini melibatkan 1.214 penjual e-commerce dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Dari laporan tersebut, terlihat bahwa penerapan AI oleh penjual online masih rendah meskipun sudah banyak yang menenal teknologi ini.

“Temuan kami mengungkap fenomena kesenjangan yang menarik dalam ekosistem e-commerce di Asia Tenggara. Meskipun sebagian besar penjual memahami potensi transformatif dari AI, banyak yang masih berusaha untuk bertransisi menuju tahap implementasi,” ujar Chief Executive Officer, Lazada Group, James Dong dalam keterangan tertulis, Rabu (9/4).

Dari riset ditunjukkan bahwa 7 dari 10 penjual di Asia Tenggara atau sebesar 68% sudah mengenal AI dan 47% mengaku telah menerapkan AI pada operasional bisnisnya, ternyata survei menunjukkan tingkat penerapan nyata AI hanya mencapai angka 37%.

Sementara itu, di Indonesia penerapan nyata AI sebesar 42%. Namun, penjual yang mengaku mengadopsi teknologi ini sebesar 52%. Artinya, terdapat selisih 10% antara klaim adopsi dan implementasi aktual.

Dalam keterangan tertulis, Rabu (9/4), Lazada mengatakan bahwa kesenjangan tersebut menempatkan Indonesia sebagai negara ketiga di Asia Tenggara dengan kesenjangan terbesar antara yang mengaku telah menerapkan AI dengan penerapan nyata AI.

Baca Juga: Impelementasi Tarif Resiprokal Mengguncang Pasar Finansial

Laporan ini juga menunjukkan bahwa penjual online menghadapi dilema terkait efektivitas AI dan biaya penerapan AI. Sebanyak 89% responden mengakui AI berperan dalam meningkatkan produktivitas, namun 61% masih meragukan manfaat keseluruhannya.

Meski hampir semua penjual atau sebesar 93% percaya bahwa adopsi AI dapat menghemat biaya dalam jangka panjang, 64% menyebut faktor biaya dan proses implementasi yang memakan waktu sebagai hambatan dalam adopsi AI. 

Riset ini juga menunjukkan adanya kesenjangan implementasi AI, dimana penjual memahami pentingnya AI, tetapi kesulitan untuk menerapkannya secara efektif. Terkait tantangan dalam beralih dari proses manual yang sudah dikenal ke solusi berbasis AI, hampir semua penjual sepakat bahwa meningkatkan keterampilan tenaga kerja dalam menggunakan AI sangat penting agar mereka lebih produktif. Namun, 3 dari 4 penjual atau sebesar 75% juga mengakui bahwa karyawan mereka masih lebih memilih menggunakan perangkat yang sudah mereka kenal dibanding menggunakan solusi AI yang baru.

Terkiat dengan tingkat kesiapan AI, laporan ini membagi kesiapan AI penjual berdasarkan lima aspek inti operasional bisnis, yaitu operasi dan logistik, manajemen produk, pemasaran dan iklan, customer service, serta manajemen tenaga kerja. Berdasarkan nilai rata-rata dalam setiap aspek tersebut, penjual dikategorikan menjadi AI Adepts, AI Aspirants, dan AI Agnostics.

AI Adepts yakni penjual yang telah menerapkan AI di lebih dari 80% operasional mereka. Bila rata0rata AI Adepts di Asia Tenggara 24%, AI Adepts di Indonesia sebesar 29%.

AI Aspirants atau penjual yang telah mengintegrasikan AI secara sebagian, tetapi masih memiliki kesenjangan adopsi di beberapa fungsi utama. Ai Aspirantas di Asia Tenggara sebesra 50%, Indonesia sebgesar 50%.

AI Agnostics yakni kelompok penjual yang masih mengandalkan proses manual di sebagian besar fungsi bisnis mereka. Di Asia Tenggara sebesar 26%, Indonesia sebesar 21%.

Untuk mendukung perjalanan adopsi AI para penjual, Lazada meluncurkan Online Sellers Artificial Intelligence Readiness Playbook (Buku Panduan Kesiapan AI Penjual Online), sebuah panduan strategis yang dirancang berdasarkan tingkat kesiapan AI para penjual.

Riset ini juga menunjukkan bahwa penjual sudah memanfaatkan solusi berbasis AI di platform Lazada untuk meningkatkan efisiensi, membuktikan bahwa investasi berkelanjutan Lazada dalam inovasi AI mutakhir dan fitur canggih mampu menyederhanakan operasional eCommerce dan mendorong daya saing.

Dengan 67% penjual menyatakan kepuasan tinggi terhadap fitur AI Lazada, Lazada merancang fitur Generative AI (GenAI) baru untuk memberdayakan penjual, meningkatkan daftar produk, menyederhanakan operasional, dan meningkatkan konversi pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

KA Jarak Jauh & Lokal KAI Layani 50 Juta Pelanggan, Ini KA dengan Okupansi Tertinggi

Kereta Api Jarak Jauh dan Kereta Api Lokal KAI melayani sebanyak 50.152.625 pelanggan pada periode Januari-November 2025 .

Tak Gantikan Peran Manusia, Layanan AI Ini Dukung Aktivitas Bisnis Manusia

Tidak menggantikan peran manusia dalam berbagai kegiatan, AI malah mendukung proses bisnis manusia  

Banyak Perempuan Ingin Bekerja Lagi, L’Oréal Buka Jalan Lewat Career Reconnect

​L’Oréal Indonesia menyoroti kuatnya keinginan perempuan untuk kembali bekerja, meski jalannya belum sepenuhnya terbuka

Jelang Planet Sports Run 2026, PUMA Gelar Pre-Race Program

PUMA menggelar program latihan pre-race menjelang ajang lomba lari Planet Sports Run 2026           

Ada 1 Siklon & 2 Bibit Siklon Tropis di Indonesia, Hujan Lebat Guyur Provinsi Ini

BMKG mendeteksi keberadan satu siklon tropis dan dua bibit siklon tropis di Samudera Hindia berefek pada cuaca hujan lebat di provinsi ini.

Hasil Bulu Tangkis SEA Games 2025: 4 Wakil Indonesia ke Babak Final, Kunci 1 Emas

Hasil Bulu Tangkis SEA Games 2025 Thailand Babak Semifinal Sabtu (13/12), empat wakil Indonesia menembus babak final. 

5 Drakor Bromance Legendaris Kisahkan Persahabatan Para Pria

Agar makin tahu tentang bromance atau persahabatan para pria, coba tonton dalam beberapa judul drama Korea ini, yuk.​

5 Film Natal Paling Legendaris dari Kartun hingga Romantis, Semuanya Ada

Ada beberapa film legendaris Natal yang tidak membosankan untuk ditonton. Ini rekomendasi jika tertarik nonton.

Daftar Film Natal Aktris Lindsay Lohan, Didominasi Rom-Com Manis

Selain rom-com Lindsay Lohan juga terkenal banyak membintangi film-film Natal populer, ini daftar filmnya.

Populer di Barat, Yuk Coba 3 Tradisi Tukar Kado Natal Ini Biar Makin Berkesan

Bagi yang sedang mencari ide untuk bertukar kado saat Natal tiba, beberapa ide game tukar kado dari Barat ini bisa dicoba.​