Bugar

Kolesterol Tinggi? Yuk, Coba Olahraga Terbaik untuk Menurunkan Kolesterol Ini

Kolesterol Tinggi? Yuk, Coba Olahraga Terbaik untuk Menurunkan Kolesterol Ini

MOMSMONEY.ID - Jika Anda mengalami kolesterol tinggi, mari coba olahraga terbaik untuk menurunkan kolesterol berikut ini.

Kolesterol sebenarnya diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel yang sehat. Tetapi jika kadarnya terlalu tinggi, kolesterol bisa menumpuk di dinding pembuluh darah dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Baca Juga: Ayo Cek! Inilah Normal Kolesterol Pria Usia 50 Tahun

Selain mengatur pola makan, olahraga adalah salah satu cara efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Melansir dari Very Well Health, di bawah ini adalah beberapa olahraga terbaik untuk menurunkan kolesterol yang bisa Anda coba:

1. Berjalan, Jogging, atau Berlari

Baik berjalan, jogging, maupun berlari merupakan latihan yang efektif untuk menurunkan kolesterol dan trigliserida. Disarankan untuk melakukan aktivitas ini setidaknya 150 menit per minggu dengan intensitas sedang untuk melihat hasil yang signifikan.

Pilihan antara berjalan, jogging, atau berlari tergantung pada tingkat stamina dan kondisi persendian Anda, tetapi semuanya memberikan manfaat yang baik. Studi pada tahun 2013 membandingkan puluhan ribu pelari dengan pejalan kaki dan menemukan bahwa jumlah energi yang dikeluarkan lebih penting daripada jenis olahraganya.

Jadi, apakah Anda berjalan cepat atau berlari, jika energi yang dikeluarkan sama, manfaatnya juga sama. Misalnya, berjalan 4,3 mil dengan cepat sama manfaatnya dengan berlari sejauh 3 mil.

Baca Juga: Cek di Sini! Berikut Kadar Kolesterol Normal Menurut Usia yang Penting Diketahui

2. Bersepeda

Bersepeda memberikan manfaat yang hampir sama dengan jogging dalam hal penggunaan energi, tetapi lebih aman untuk sendi.

Jika Anda mengalami masalah nyeri sendi, bersepeda mungkin menjadi pilihan yang lebih baik daripada berlari. Anda bisa bersepeda di jalur lokal atau menggunakan sepeda statis untuk membantu menurunkan kolesterol.

Penelitian dalam Journal of American Heart Association menunjukkan bahwa orang yang bersepeda ke tempat kerja memiliki risiko lebih rendah mengalami kolesterol tinggi dibandingkan mereka yang tidak bersepeda.

3. Berenang

Olahraga di air, seperti berenang, berjalan di air, atau mengikuti aktivitas olahraga air lainnya, memberikan manfaat yang serupa dengan latihan aerobik lainnya dalam hal menurunkan kolesterol.

Selain itu, olahraga ini juga ramah pada persendian, sehingga cocok untuk mereka yang memiliki masalah sendi.

Baca Juga: Obat Kolesterol Herbal Alami yang Dapat Dicoba, Cek di Sini!

4. Angkat Beban

Latihan angkat beban atau latihan resistensi lainnya, seperti menggunakan resistance band atau berat badan sendiri, sangat membantu untuk menurunkan kolesterol, terutama jika digabungkan dengan latihan aerobik. Olahraga ini membantu meningkatkan massa otot dan mempercepat metabolisme.

5. Yoga

Meskipun tergolong olahraga dengan intensitas rendah, yoga tetap bermanfaat untuk kesehatan jantung dan kadar kolesterol.

Sebuah penelitian pada tahun 2014 menemukan bahwa mereka yang rutin berlatih yoga mengalami peningkatan kadar kolesterol baik (HDL), penurunan kolesterol jahat (LDL), serta penurunan tekanan darah dibandingkan mereka yang tidak berolahraga.

Baca Juga: Anti Ribet! Begini Cara Merebus Daun Salam untuk Asam Urat dan Kolesterol

Nah, itulah beberapa olahraga terbaik untuk menurunkan kolesterol yang dapat Anda coba. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

 

Selanjutnya: 5 Fitur iPhone yang Jadi Alasan untuk Tidak Pindah ke Android

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News