Bugar

Cara Menaikkan Gula Darah yang Drop, Konsumsi Makanan Ini Yuk!

Cara Menaikkan Gula Darah yang Drop, Konsumsi Makanan Ini Yuk!

MOMSMONEY.ID - Ketika kadar gula darah Anda tiba-tiba drop, kondisi ini dapat menyebabkan gejala yang tidak nyaman seperti kelelahan, pusing dan bahkan penglihatan kabur. Untuk merespons situasi ini, sangat penting untuk mengetahui cara menaikkan gula darah yang drop.

Mengingat makanan dan minuman yang kita konsumsi langsung berpengaruh terhadap kadar gula darah, salah satu metode paling praktis untuk menaikkan kadar gula darah dengan cepat adalah dengan mengonsumsi camilan yang mengandung karbohidrat cepat serap.

Menurut American Diabetes Association, ada metode yang disebut "aturan 15-15" untuk menghadapi kondisi saat gula darah Anda turun di bawah 70 mg/dL.

Caranya adalah dengan mengonsumsi sekitar 15 gram karbohidrat, lalu tunggu 15 menit untuk memeriksa kembali kadar gula darah Anda.

Jika setelah 15 menit, kadar gula darah Anda masih di bawah 70 mg/dL, Anda harus mengulangi langkah ini: makan lagi 15 gram karbohidrat, tunggu 15 menit, dan periksa kembali gula darah Anda.

Metode ini efektif untuk menyesuaikan kadar gula darah yang rendah dengan cepat dan aman.

Baca Juga: Apakah Kopi Menyebabkan Kolesterol dalam Tubuh? Yuk, Cek Faktanya di Sini

Selain itu, cara menaikkan gula darah yang drop lainnya adalah dengan konsumsi makanan yang dapat menaikkan gula darah. Melansir dari Hello Sehat dan Alodokter, berikut ini daftar makanannya:

1. Permen

Jika Anda mengalami penurunan gula darah yang tajam, mengonsumsi permen bisa menjadi solusi cepat. Gula dan karbohidrat yang terkandung dalam permen dapat dengan cepat menaikkan gula darah Anda. Sebaiknya pilih permen tanpa cokelat, karena lemak dalam cokelat bisa memperlambat penyerapan gula.

2. Roti Gandum Utuh dan Selai Kacang

Roti gandum utuh dikenal memiliki indeks glikemik yang rendah, yang membantu dalam menstabilkan kadar gula darah. Selai kacang, yang kaya akan protein dan lemak, juga dapat membantu meningkatkan kadar gula darah secara aman.

Kombinasi kedua makanan ini tidak hanya efektif dalam meningkatkan gula darah, tetapi juga membantu menjaga kestabilannya lebih lama, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya penurunan gula darah yang tiba-tiba.

Baca Juga: 15 Daftar Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Asam Urat, Catat ya

3. Madu

Madu adalah sumber gula dan karbohidrat alami yang efektif untuk meningkatkan gula darah dengan cepat. Anda bisa mengonsumsi satu sendok makan madu langsung atau mencampurkannya ke dalam teh hangat atau air hangat.

4. Buah dan Keju

Buah adalah sumber serat yang baik yang membantu memperlambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah. Buah-buahan seperti apel, pir, dan jeruk adalah pilihan yang baik bagi mereka dengan kadar gula darah rendah karena kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi.

Menambahkan sepotong keju yang mengandung protein dan lemak dapat meningkatkan nilai gizi dan efektivitas buah dalam menstabilkan gula darah.

5. Setengah Buah Pisang

Pisang adalah pilihan yang baik karena kaya karbohidrat dan gula. Karena kandungannya yang tinggi, cukup makan setengah buah pisang untuk membantu meningkatkan kadar gula darah Anda.

Baca Juga: Inilah Khasiat Jus Alpukat untuk Asam Lambung yang Jarang Diketahui

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah camilan yang sangat baik untuk mereka yang mengalami gula darah rendah. Kacang mengandung nutrisi yang membantu memperlambat penyerapan glukosa.

Kaya akan protein dan lemak, kacang-kacangan juga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Ini menjadikannya sebagai camilan ideal untuk mengatasi atau mencegah hipoglikemia.

7. Yoghurt dengan Buah

Makan yoghurt tanpa gula yang dicampur dengan potongan buah seperti mangga, pisang, atau stroberi tidak hanya membuatnya lebih enak, tetapi juga menambahkan serat dan karbohidrat yang baik untuk tubuh.

Kombinasi ini tidak hanya memberikan energi, tetapi juga membantu melambatkan proses pemecahan glukosa dalam tubuh karena kandungan protein, lemak, dan seratnya.

Baca Juga: Inilah Bahaya yang Mengintai Jika Konsumsi Minuman Manis Setiap Hari

8. Teh Manis Hangat

Minum teh manis hangat juga efektif. Kandungan gula dalam teh dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula darah dan membantu menjaganya tetap stabil. Anda bisa menyeduh satu kantong teh dengan satu sendok makan gula dalam air hangat.

Nah, demikianlah cara menaikkan gula darah yang drop dengan konsumsi beberapa makanan yang telah MomsMoney rangkumkan di atas. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News