Bugar

9 Makanan untuk Menurunkan Asam Lambung yang Dapat Anda Konsumsi

9 Makanan untuk Menurunkan Asam Lambung yang Dapat Anda Konsumsi

MOMSMONEY.ID - Ada sejumlah makanan untuk menurunkan asam lambung yang dapat Anda coba konsumsi, lho. Apa saja?

Makanan yang kita konsumsi memiliki peran besar dalam meningkatkan atau menurunkan asam lambung. Jika Anda sering mengalami gejala seperti nyeri dada, sensasi terbakar di dada, atau rasa asam di mulut, mungkin saatnya untuk mempertimbangkan ulang pilihan makanan Anda.

Merangkum dari Kompas, Web MD, dan Healthline, di bawah ini adalah beberapa makanan untuk menurunkan asam lambung yang dapat Anda konsumsi:

1. Oatmeal

Oatmeal adalah sumber serat yang sangat baik. Makan makanan tinggi serat dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari masalah asam lambung. Sumber serat lain yang baik termasuk roti gandum dan nasi gandum.

Baca Juga: Seberapa Efektif Konsumsi Granola untuk Diet? Yuk, Simak Ulasannya

2. Pisang

Buah-buahan non-sitrus seperti pisang adalah pilihan yang baik karena bisa membantu menurunkan asam lambung. Pisang mengandung pektin, serat larut yang dapat membantu mendorong pencernaan makanan melalui saluran pencernaan, sehingga mengurangi potensi peningkatan asam lambung.

3. Melon

Melon termasuk buah yang kaya magnesium, mineral yang sering digunakan dalam obat-obatan untuk asam lambung. Dengan pH sekitar 6,1, melon adalah buah yang dapat membantu menurunkan asam lambung.

Baca Juga: Daftar Makanan yang Mengandung Purin Tinggi, Bisa Sebabkan Asam Urat

4. Sayuran

Sayuran memiliki kandungan lemak dan gula yang rendah, yang dapat membantu dalam mengurangi asam lambung. Contoh sayuran yang baik untuk penderita asam lambung termasuk brokoli, asparagus, kembang kol, sayuran berdaun hijau, kentang, mentimun, dan kacang hijau.

5. Jahe

Dikenal dengan sifat anti-inflamasinya, jahe bisa menjadi pengobatan alami untuk masalah pencernaan seperti asam lambung. Menambahkan jahe yang diparut atau diiris ke dalam makanan sehari-hari bisa membantu menurunkan asam lambung.

Baca Juga: Apakah Cumi-Cumi Mengandung Kolesterol? Ketahui Faktanya di Sini

6. Daging dan Seafood Tanpa Lemak

Konsumsi daging tanpa lemak seperti ayam, kalkun, ikan, dan seafood dapat mengurangi gejala refluks. Makanan berlemak tinggi cenderung meningkatkan produksi asam lambung, sehingga penting untuk menghindari makanan tersebut.

7. Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan, tetapi juga untuk pencernaan. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Environmental Science and Health, minum jus lidah buaya dapat membantu mencegah lonjakan asam lambung berkat sifat anti-inflamasinya.

Baca Juga: Ini 7 Cara Mengendalikan Emosi dalam Diri yang Dapat Anda Coba

8. Yogurt

Meskipun memiliki rasa asam, yogurt yang sudah difermentasi dapat bermanfaat bagi penderita asam lambung karena kandungan bakteri asam laktat yang menenangkan lambung. Namun, penting untuk mengonsumsi yogurt dalam jumlah yang wajar dan tidak mengonsumsinya ketika perut kosong.

9. Putih Telur

Putih telur merupakan pilihan makanan yang baik untuk penderita asam lambung. Namun, kuning telur yang tinggi lemak harus dihindari karena dapat memicu gejala refluks asam lambung.

Baca Juga: 10 Makanan dan Minuman Penyebab Gula Darah Tinggi, Tak Hanya yang Manis lho

Demikianlah daftar makanan untuk menurunkan asam lambung yang dapat Anda coba konsumsi. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News