Bugar

Amankah Konsumsi Pisang Kepok untuk Asam Lambung?

Amankah Konsumsi Pisang Kepok untuk Asam Lambung?

MOMSMONEY.ID - Pisang dikenal sebagai salah satu buah yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua pisang aman. Ini karena beberapa jenis pisang bisa memicu asam lambung.

Bagaimana dengan pisang kepok? Amankah konsumsi pisang kepok untuk asam lambung?

Mengutip dari Alodokter, pisang terkenal akan kemampuannya dalam meredakan iritasi pada lapisan esofagus dan mengurangi rasa nyeri akibat refluks asam lambung. Ini terjadi karena pisang memiliki sifat alkalin yang membantu menetralkan keasaman di lambung.

Kandungan kalium yang tinggi dalam pisang juga berperan dalam meningkatkan produksi lendir di lambung, yang mencegah akumulasi asam berlebih.

Baca Juga: 11 Tips Menjaga Kesehatan Rahim Wanita untuk Meningkatkan Kesuburan

Melansir dari Hello Sehat, pisang sering dianggap baik untuk mengatasi asam lambung karena kandungan seratnya yang tinggi.

Menurut penelitian di World Journal of Gastroenterology, pasien dengan Non-Erosive Reflux Disease (NERD), bentuk GERD yang tidak menyebabkan kerusakan pada dinding esofagus, disarankan untuk mengonsumsi diet yang kaya serat.

Serat dalam makanan dapat membantu meningkatkan tekanan pada otot di bagian bawah esofagus, yang membantu mengurangi refluks.

Pisang yang merupakan sumber serat dapat membantu menurunkan keasaman lambung dan mengurangi ketidaknyamanan perut pada pasien NERD.

Mengonsumsi makanan tinggi serat seperti pisang juga dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Ini bermanfaat untuk menghindari kebiasaan makan berlebihan yang dapat memicu gejala asam lambung.

Baca Juga: Sedang Diare? Ini 7 Cara Mengatasi Diare yang Efektif dan Dapat Anda Lakukan

Tingkat kematangan pisang sangat berpengaruh terhadap asam lambung. Pisang yang masih hijau atau belum matang umumnya lebih asam dan bisa membuat asam lambung naik jika dikonsumsi.

Sementara itu, pisang yang terlalu matang dan manis juga bisa meningkatkan produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi bagi beberapa orang. Lantas, amankah konsumsi pisang kepok untuk asam lambung?

Pisang kepok adalah jenis pisang yang sering ditemukan di Indonesia dan bagus untuk penderita asam lambung. Buahnya yang tidak terlalu manis membuatnya lebih ramah di perut.

Pisang kepok juga mengandung banyak serat, yang bermanfaat untuk pencernaan dan mencegah sembelit. Serat ini juga bertindak sebagai prebiotik, mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus, yang penting untuk kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Jadi, pisang kepok aman dikonsumsi untuk penderita asam lambung. Selain kandungan nutrisinya, rasanya yang tidak terlalu manis dan tidak asam membuatnya tidak memicu peningkatan asam lambung.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News