Bugar

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Bahan Alami, Catat 7 Bahan Ini

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Bahan Alami, Catat 7 Bahan Ini

MOMSMONEY.ID - Intip sejumlah cara menurunkan kolesterol dengan bahan alami berikut ini, yuk.

Penderita kolesterol banyak yang mencari bahan alami sebagai alternatif obat untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Pada dasarnya, obat-obatan resep dokter tetap direkomendasikan sebagai yang utama. Namun, tak ada salahnya mencoba cara menurunkan kolesterol dengan bahan alami.

Merangkum dari laman Botanical Institute dan Healthline, berikut adalah cara menurunkan kolesterol dengan bahan alami:

1. Jeruk bergamot

Jeruk bergamot telah terbukti sebagai salah satu herbal tercepat dalam menurunkan kolesterol. Mekanismenya mirip dengan obat statin, di mana jeruk bergamot menghambat enzim HMG-CoA yang berperan dalam sintesis kolesterol oleh tubuh.

Sebuah studi dengan 237 peserta menunjukkan, konsumsi harian 500mg atau 1.000mg jeruk bergamot dapat menurunkan kolesterol total hingga 30,9% dan meningkatkan HDL hingga 39% dalam tiga bulan.

Penelitian lain juga menemukan bahwa jeruk bergamot efektif dalam menurunkan LDL dan trigliserida pada orang dengan hiperkolesterolemia.

Baca Juga: Usia Tak Lagi Muda, Lakukan Tips Hidup Sehat di Usia 40 Tahun Berikut

2. Beras ragi merah

Beras ragi merah adalah produk fermentasi yang mengandung monacolin K, yang memiliki kemampuan menurunkan LDL dan trigliserida. Penelitian menunjukkan, monacolin K dari beras ragi merah dapat menurunkan kolesterol LDL sebesar 15-25% dalam 6-8 minggu.

3. Kayu manis

Kayu manis telah terbukti efektif dalam menurunkan LDL, kolesterol total, dan trigliserida. Dalam berbagai penelitian, konsumsi kayu manis berdampak pada penurunan rata-rata 6mg/dl LDL, 13mg/dl kolesterol total, dan 26mg/dl trigliserida.

Baca Juga: Apakah Bawang Putih Bisa Menurunkan Kolesterol? Ini Kata Peneliti

4. Lumut laut

Lumut laut dikenal karena kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Selain itu, lumut laut menunjukkan potensi dalam mengurangi peradangan dan mendukung kesehatan kardiovaskular.

Lumut laut juga memiliki efek antikoagulan yang mungkin bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan dan dapat membantu menurunkan tekanan darah, serta memperbaiki kolesterol dan profil antioksidan pada orang obesitas dengan hipertensi dalam sebuah uji klinis.

Baca Juga: Menyehatkan Badan! Yuk Intip Nutrisi dan Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

6. Bawang putih

Bawang putih tidak hanya efektif untuk menurunkan tekanan darah tetapi juga menunjukkan potensi dalam mengurangi kolesterol LDL. Studi menunjukkan, konsumsi bawang putih dapat menurunkan kolesterol dan memiliki efek positif pada kesehatan jantung secara keseluruhan.

7. Susu oat

Susu oat kaya akan beta-glukan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol dan meningkatkan aliran darah. Studi menunjukkan bahwa beta-glukan dalam gandum efektif dalam menurunkan kolesterol LDL dan total.

Sebuah uji klinis menyatakan bahwa susu oat yang mengandung kadar tinggi beta-glukan memiliki efek serupa dalam mengurangi kolesterol. Penelitian tambahan menemukan bahwa suplemen ekstrak gandum hijau meningkatkan aliran darah di jantung dan otak.

Susu oat efektif dalam mencegah penumpukan plak arteri serta mengatur kadar kolesterol. Susu oat disarankan untuk kondisi jantung lemah. Meski European Medicines Agency telah mencatat efek positif susu oat terhadap kolesterol, namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

Itulah cara menurunkan kolesterol dengan bahan alami yang bisa Anda coba. Namun, Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mencobanya.

Hal ini berguna untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan seperti halnya  adanya interaksi obat dengan bahan alami tersebut. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Katalog Promo Hypermart Hyper Diskon Weekday Periode 7-9 Mei 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News