HOME, Santai

Kenali 5 Jenis Wewangian dan Ketahanannya

Kenali 5 Jenis Wewangian dan Ketahanannya

MOMSMONEY.ID - Parfum memiliki kekuatan untuk menambah rasa percaya diri bagi siapapun yang menggunakannya. Menggunakan wewangian dengan bau yang sesuai kepribadian merupakan poin tambahan untuk meningkatkan rasa percaya diri. Menjaga ketahanan bau wewangian yang digunakan tentunya bukan hal yang mudah. 

Selain harus memperhatikan kondisi kelembaban tubuh, hal lain yang harus dipertimbangkan adalah memilih jenis wewangian yang tepat. Wewangian berdasarkan kategorinya terbagi menjadi 5 jenis. Berbeda tipe tentunya memiliki perbedaan juga dalam hal ketahanan baunya. Tergantung dari sebanyak apakah kandungan minyak murni yang digunakan. 

Yuk intip jenis-jenis wewangian agar Anda tahu jenis wewangian apa yang harus Anda gunakan.

Baca Juga: Manfaat Shea Butter dalam Produk Body Care

Parfum

Lebih dikenal dengan sebutan parfum murni atau Extrait de Parfum, wewangian dengan tipe ini memiliki ketahanan 8-12 jam. Dengan banyaknya kandungan minyak murni yang digunakan pada wewangian jenis ini membuatnya memiliki ketahanan bau lebih lama.

Dengan konsentrasi yang digunakan antara 20% hingga 40%, wewangian dengan jenis ini biasanya memang akan dijual dengan harga yang lebih mahal. 

Eau de Parfum

Dilansir dari web Clivechristian, Eau de Parfum (EDP) memiliki ketahanan antara 6 hingga 8 jam. Wewangian dengan jenis ini mengandung konsentrasi minyak murni sebanyak 15%. Wewangian tipe ini dapat digunakan bagi Anda yang memiliki kulit sensitive karena kandungan alcohol yang lebih rendah dari parfum.

Dengan konsentrasi tersebut membuat EDP menjadi wewangian yang masih dikategorikan terjangkau dan tidak terlalu mahal. Wewangian jenis ini akan sangat cocok Anda gunakan sebagai wewangian harian Anda.

Baca Juga: Ketahuilah Manfaat Sea Salt Untuk Kesehatan Kulit

Eau de Toilette

Eau de Toilette (EDT) adalah jenis wewangian dibawah EDP yang dapat Anda temui dengan mudah. Perfume.com menjelaskan bahwa wewangian tipe ini memiliki konsentrasi minyak murni pada skala 5% hingga 15%. 

Wewangian tipe ini memiliki ketahanan wangi selama 2 hingga 3 jam saja. Maka dari itu EDT ini direkomendasikan untuk digunakan pada aktivitas sehari hari terutama saat Anda bekerja.


Eau de Cologne 

Dengan konsentrasi minyak wewangian murni 2% hingga 4% tentunya membuat Eau de Cologne (EDC) menjadi wewangian yang murah dibanding wewangian jenis lainnya. Namun dengan konsentrasi kecil tersebut membuat ketahanan wanginya juga hanya bertahan sebentar. 

Hanya sampai dua jam saja, biasanya EDC hadir dengan botol yang lebih besar dan wewangian dalam jumlah banyak juga tentunya. 

Eau Fraiche

Eau Fraiche atau yang lebih akrab dikenal dengan body mist ini adalah jenis wewangian yang hampir sama dengan EDC. Hanya bertahan selama 2 jam di udara, Eau Fraiche mengandung 1% hingga 3% konsentrasi minyak wewangian murni. 

Melansir dari Perfume.com, Eau Fraiche ini  memiliki kandungan alcohol rendah dan kandungan air yang tinggi membuatnya cukup aman untuk digunakan pada kulit sensitive. 

Selanjutnya: Peekaboo Hair, Trend Warna Rambut yang Harus Dicoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News