Bugar

Inilah Daftar Makanan Penurun Gula Darah untuk Penderita Diabetes, Cek Sekarang

Inilah Daftar Makanan Penurun Gula Darah untuk Penderita Diabetes, Cek Sekarang

MOMSMONEY.ID - Tak perlu resah gula darah naik, konsumsi makanan penurun gula darah untuk penderita diabetes ini, yuk! 

Mengelola kadar gula darah merupakan tantangan utama bagi penderita diabetes. Selain pengobatan dan olahraga, makanan yang dikonsumsi memegang peranan penting dalam mengontrol gula darah.

Bersumber dari Healthline, simak daftar makanan penurun gula darah untuk penderita diabetes berikut ini:

1. Labu

Labu mengandung karbohidrat kompleks yang disebut polisakarida yang digadang-gadang mampu mengatur gula darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan ekstrak labu dan bubuknya secara signifikan dapat menurunkan kadar gula darah.

Meskipun demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk hal ini. Selain itu, biji labu mengandung lemak sehat dan protein yang sangat baik untuk mengelola kadar gula darah.

Baca Juga: Perlu Waspada! Ini Bahaya Gula Darah Tinggi bagi Tubuh

2. Kefir dan yogurt

Kefir dan yogurt adalah produk susu fermentasi yang mampu menurunkan kadar gula darah. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi 20 ons (sekitar 600 mililiter) kefir harian yang mengandung probiotik signifikan mengurangi tingkat gula darah dan HbA1c.

Selain itu, mengonsumsi yogurt juga dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Setiap tambahan 50 gram (sekitar 1,7 ons) yogurt dalam konsumsi harian dapat menurunkan risiko sebesar 7%.

3. Buah Beri

Buah beri mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang sangat baik untuk penderita diabetes.

Pada tahun 2019, sebuah studi menemukan, mengonsumsi 2 cangkir (sekitar 250 gram) raspberry merah bersama dengan makanan tinggi karbohidrat menghasilkan penurunan yang signifikan dalam insulin dan tingkat gula darah.

Tidak hanya itu saja, buah stroberi, blueberry, dan blackberry juga bermanfaat mengatur gula darah. Ini karena buah-buahan ini mampu meningkatkan sensitivitas terhadap insulin dan mengoptimalkan penghapusan glukosa dari darah.

Baca Juga: Dijamin Ampuh, Ini 4 Jus untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

4. Kacang tanah dan almond

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang dapat menjadi metode yang efektif dalam membantu mengendalikan tingkat gula darah.

Dalam suatu studi kecil yang melibatkan 25 individu yang menderita diabetes tipe 2, konsumsi kacang tanah dan almond sepanjang hari berhasil menurunkan gula darah.

Sebuah literatur menunjukkan, mengonsumsi berbagai jenis kacang dapat menyebabkan penurunan tingkat gula darah pada individu yang mengidap diabetes tipe 2.

5. Chia Seed

Chia seed dapat membantu menurunkan gula darah karena mengandung serat larut yang membantu mengatur penyerapan glukosa. Konsumsi biji chia secara teratur dapat mendukung kontrol gula darah dan manajemen diabetes.

Baca Juga: Apa Saja Tanda Gula Darah Tinggi pada Wanita?

6. Kangkung

Kangkung mengandung beberapa senyawa yang dapat membantu mengurangi tingkat gula darah, termasuk serat dan antioksidan flavonoid.

Flavonoid antioksidan yang terdapat dalam kangkung memiliki efek yang kuat dalam menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas terhadap insulin.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung kangkung sebanyak 7 atau 14 gram secara signifikan menurunkan tingkat gula darah.

7. Oat

Oat dapat membantu menurunkan kadar gula darah Anda karena kandungan serat larut yang tinggi. Sebuah analisis terhadap 16 penelitian menemukan bahwa mengonsumsi gandum secara rutin secara signifikan mengurangi kadar HbA1c dan gula darah.

Selain itu, ada suatu studi yang menunjukkan bahwa minum campuran 7 ons air dengan 1 ons oat sebelum mengonsumsi roti putih menghasilkan penurunan signifikan pada tingkat gula darah.

Demikianlah pembahasan terkait makanan penurun gula darah untuk penderita diabetes. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya: Keunggulan Prabowo di Quick Count Jadi Salah Satu Sentimen Positif untuk Pasar Kripto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News