Bugar

Apa Saja Tanda Gula Darah Tinggi pada Wanita?

Apa Saja Tanda Gula Darah Tinggi pada Wanita?

MOMSMONEY.ID - Gula darah tinggi atau hiperglikemia adalah kondisi di mana kadar glukosa dalam darah seseorang naik di atas batas normal. Kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja, termasuk wanita. Hiperglikemia dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk pola makan yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, stres, obesitas, atau kondisi medis seperti diabetes. Apa saja tanda gula darah tinggi pada wanita?

Penting untuk mengenali tanda-tanda hiperglikemia pada wanita untuk dapat mengambil langkah-langkah yang tepat dalam mengelola kondisi tersebut. Mengutip dari Cleveland Clinic, di bawah ini adalah tanda gula darah tinggi pada wanita:

Baca Juga: Khasiat Manggis untuk Kesehatan, Bisa Mengontrol Gula Darah

1. Rasa haus yang berlebihan

Salah satu tanda utama gula darah tinggi pada wanita adalah rasa haus yang berlebihan atau polidipsia. Kenaikan kadar gula dalam darah dapat menyebabkan ginjal untuk bekerja lebih keras dalam membuang glukosa berlebih melalui urin. Pada gilirannya, ini akan menyebabkan dehidrasi dan rasa haus yang terus-menerus.

2. Sering buang air kecil

Sering buang air kecil atau poliuria juga merupakan tanda umum hiperglikemia pada wanita. Ginjal membuang glukosa ekstra melalui urin karena kenaikan kadar glukosa dalam darah. Hal tersebutlah yang mempengaruhi produksi urin yang lebih banyak dan frekuensi buang air kecil yang meningkat.

Baca Juga: Jangan Dianggap Remeh, Inilah Risiko Komplikasi Gula Darah Tinggi!

3. Penurunan berat badan yang tidak diinginkan

Hiperglikemia dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak diinginkan pada wanita. Kondisi ini terjadi karena tubuh mengalami kesulitan dalam menggunakan glukosa sebagai sumber energi. Sehingga tubuh mulai memecah cadangan lemak dan otot untuk memperoleh energi tambahan.

4. Kelelahan

Rasa lelah yang konstan atau kelelahan yang tidak wajar juga dapat menjadi tanda gula darah tinggi pada wanita. Ketika kadar glukosa dalam darah terlalu tinggi, sel-sel tubuh tidak dapat memperoleh glukosa dengan efisien sebagai sumber energi. Inilah yang menyebabkan rasa lelah terus-menerus.

Baca Juga: Mudah Lelah dan Sering Lapar? Waspada Gejala Gula Darah Tinggi!

5. Gangguan penglihatan

Hiperglikemia yang tidak terkontrol dapat menyebabkan gangguan penglihatan pada wanita. Kadar glukosa yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan perubahan pada bentuk lensa mata. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan penglihatan seperti penglihatan kabur, penurunan ketajaman visual, atau sulit fokus.

6. Infeksi jamur vagina

Wanita dengan gula darah tinggi cenderung memiliki risiko lebih tinggi terhadap infeksi, terutama infeksi saluran kemih atau infeksi ragi seperti kandidiasis. Kadar glukosa yang tinggi dalam darah menciptakan lingkungan ideal untuk pertumbuhan bakteri dan ragi yang dapat menyebabkan infeksi menjadi lebih sering terjadi.

Baca Juga: Gula Darah Rendah Harus Makan Apa? Ini Daftarnya!

7. Luka yang lambat sembuh

Hiperglikemia dapat mengganggu proses penyembuhan luka pada wanita. Kadar glukosa yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan saraf. Kondisi tersebut dapat memperlambat proses penyembuhan luka.

Itulah tanda gula darah rendah pada wanita. Wanita sangat penting untuk mengenali tanda-tanda hiperglikemia dan mencari perawatan medis yang tepat jika mengalami gejala tersebut. Langkah-langkah untuk mengelola gula darah tinggi meliputi pengaturan pola makan sehat, peningkatan aktivitas fisik, pengelolaan stres, dan penggunaan obat-obatan jika diperlukan. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News