Bugar

Perlu Waspada! Ini Bahaya Gula Darah Tinggi bagi Tubuh

Perlu Waspada! Ini Bahaya Gula Darah Tinggi bagi Tubuh

MOMSMONEY.ID - Tentu gula darah tinggi adalah kondisi yang tidak boleh diabaikan. Ketahui apa saja bahaya gula darah tinggi bagi tubuh Anda.

Di era modern ini, gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Salah satu dampak negatif dari gaya hidup ini adalah peningkatan kadar gula darah.

Gula darah tinggi atau hiperglikemia, bukan hanya masalah bagi mereka yang memiliki diabetes, tetapi juga dapat menjadi ancaman bagi siapa saja.

Bahaya yang ditimbulkan oleh gula darah tinggi tidak boleh dianggap remeh, karena dapat mempengaruhi berbagai aspek kesehatan Anda. Bersumber dari WebMD, berikut ini bahaya gula darah tinggi bagi tubuh Anda:

1. Penyakit jantung atau serangan jantung

Kadar glukosa yang tinggi secara kronis dapat menyebabkan penyakit jantung dan meningkatkan risiko serangan jantung. Ketika gula darah tinggi, ia berkontribusi pada penumpukan plak di arteri yang menyebabkan penyempitan dan pengerasan arteri (aterosklerosis). Kondisi ini mengganggu aliran darah normal ke jantung, meningkatkan risiko kerusakan pada otot jantung.

2. Stroke

Stroke terjadi ketika pasokan darah ke otak terhenti, seringkali akibat dari pembuluh darah yang rusak atau tersumbat. Glukosa darah yang tinggi mempercepat pembentukan plak di arteri, meningkatkan kemungkinan stroke. Stroke dapat menyebabkan kerusakan otak yang luas, memengaruhi kemampuan berbicara, bergerak, dan menjalankan fungsi-fungsi vital lainnya.

Baca Juga: Apa Penyebab Darah Rendah? Cari Tahu di Sini Lengkap dengan Cirinya

3. Kerusakan ginjal

Ginjal bertugas menyaring limbah dari darah. Kadar gula darah yang tinggi dan berkelanjutan dapat merusak unit penyaringan di ginjal serta mengganggu kemampuannya untuk membuang limbah dengan efektif. Kerusakan ginjal yang parah dapat berkembang menjadi penyakit ginjal kronis atau bahkan gagal ginjal, yang memerlukan dialisis atau transplantasi ginjal.

4. Kerusakan saraf

Kondisi ini dikenal sebagai neuropati diabetik, terjadi ketika kadar gula darah yang tinggi merusak saraf di tubuh. Hal ini sering menyebabkan rasa nyeri, kesemutan, atau kehilangan sensasi, khususnya di ekstremitas seperti tangan dan kaki. Dalam kasus yang parah, kerusakan saraf dapat mempengaruhi fungsi organ-organ tubuh lainnya.

Baca Juga: Apa Saja Tanda Gula Darah Tinggi pada Wanita?

5. Kerusakan mata

Mata sangat sensitif terhadap kadar gula darah tinggi. Kerusakan dapat berkisar dari gangguan penglihatan ringan hingga kondisi serius seperti retinopati diabetik, yang dapat menyebabkan kerusakan pada retina dan berpotensi menyebabkan kebutaan. Pengelolaan gula darah yang baik esensial untuk mencegah kerusakan mata.

6. Masalah kulit

Kulit bisa menjadi indikator awal dari kadar gula darah yang tidak terkontrol. Masalah kulit yang terkait dengan glukosa darah tinggi termasuk infeksi bakteri atau jamur, kondisi kulit kering, dan ruam. Masalah kulit ini sering terjadi akibat gangguan pada aliran darah dan saraf, yang dipengaruhi oleh kadar gula darah tinggi.

Baca Juga: Khasiat Manggis untuk Kesehatan, Bisa Mengontrol Gula Darah

Itulah beberapa bahaya gula darah tinggi bagi tubuh Anda. Gula darah tinggi adalah kondisi yang perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius. Menerapkan gaya hidup sehat, melakukan olahraga rutin, dan berkonsultasi dengan tenaga medis adalah langkah-langkah penting dalam mencegah dan mengelola kondisi ini.

Ingat, pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Oleh karena itu, jangan anggap remeh bahaya dari gula darah tinggi dan mulailah mengambil langkah untuk menjaga kesehatan Anda dari sekarang.

Selanjutnya: Ini Lo Dampak Negatif bagi Anak Jika Orang Tua Menerapkan Helicopter Parenting

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News