Keluarga

Ini Makanan Imlek yang Wajib Ada, Jadi Persembahan Untuk Leluhur!

Ini Makanan Imlek yang Wajib Ada, Jadi Persembahan Untuk Leluhur!

MOMSMONEY.ID - Setiap perayaan Imlek, tak jarang keluarga yang merayakan melakukan tradisi memberi makanan sebagai sesaji bagi para leluhur. 

Jika Anda lupa sesaji atau persembahan apa saja yang wajib ada, atau ini kali pertama bagi Anda merayakan Imlek sebagai keluarga baru, simak penjelasannya di bawah ini. 

Perayaan Imlek tahun kelinci kali ini jatuh pada 10 Februari 2024. Perayaan Imlek tahun ini jatuh pada hari Sabtu, dan ada hari libur cuti bersama Tahun Baru Imlek pada Jumat, 9 Ferbruari 2024. Menjelang perayaan Imlek, apa makanan sesaji Imlek yang wajib ada di meja abu? 

Baca Juga: Sebaiknya Hindari! Inilah Buah Pantangan untuk Penderita Diabetes

Meja abu adalah meja yang digunakan untuk meletakkan foto para leluhur dan sesaji untuk mereka. Melansir situs Kementerian Agama, sesaji ini menurut Kongzi merupakan bentuk puncak rasa hormat kepada para leluhur. 

Seringkali sesaji yang diberikan kepada leluhur merupakan sebuah simbol bagi keluarga yang masih ada. Sebuah simbol untuk mengenang leluhur, mengingat akan masa hidupnya dan mengenang budi kasih leluhur yang telah merawat dan memberikan bimbingan.

Lantas di atas meja abu, apa saja aturan soal makanan sesaji atau persembahan yang harus ada saat Imlek? Melansir Kompas, setidaknya ada 12 jenis sesaji yang wajib ada, namun tetap disesuaikan dengan kemampuan tiap keluarga. 

Berikut 12 macam jenis makanan untuk sesaji saat perayaan Imlek

Wajik yang terbuat dari ketan
Melansir Borneo Globe, kue ketan atau yag disebut nian gao termasuk makanan wajib ada saat persembahan imlek. Nian gao bila diterjemahkan adalah kue tahun, yang pengucapannya dalan bahasa Mandari mirip dengan tahun yang lebih sejahtera. 

Sumber lain menjelaskan kue ketabn merupakan simbol supaya makin akrab dengan saudara dan sesama seperti ketan yang rekat. Serta dimaknai supaya banyak mengumpulkan rejeki seperti bentuk wajik yang menggunung. 

Kue Ku atau Kue Mata Kebo 
Kue Ku adalah salah satu makanan yang wajib ada saat Imlek. Kue ku merupakan kue berwarna merah yang juga disebut kue mata kebo. Kue ini terbuat dari tepung ketan berisi kacang hijau. 

Baca Juga: Ini Kelebihan Ngontrak Rumah Dibanding Membeli Rumah Baru

Kue Ku memiliki bentuk seperti tempurung kura-kura. Nah di China kura-kura melambangkan usia yang panjang dan kemakmuran.  sehingga kerap disajikan saat imlek untuk memberikn harapan umur panjang bagi yang ikut merayakan. 

Kue Mangkok atau bolu 
Kue Mangkok disebut juga Fa Gao, merupakan makanan yang wajib ada dalam meja abu untuk perayaan Imlek. Kue mangkok atau bolu kukus ini bermakna kemakmuran karena bentuknya yang seperti kelopak yang sedang mekar. 

Sajian manisan
Sajian manisan ini biasanya diletakan di wadah persegi delapan. Sajian manisan ini dikenal dengan nam chyun haap yang memiliki arti kotak tahun yang melambangkan kedamaian. Adapun angka 8 melambangkan keberuntungan, sehingga diharapkan keberuntungan selalu memihak mereka sepanjang tahun. 

Lobak putih
Lobak putih di China biasanya diolah menjadi kue untuk makanan persembahan Imlek. Makanan ini wajib ada saat imlek karena dalam bahasa Mandarin pengucapannya mirip dengan pengucapan ata keberuntungan. Namun sumber lain mengatakan lobak sebagai simbol ketenangan. 

Baca Juga: Begini Cara Isi Ulang e-Toll TapCash BNI Lewat m-Banking BNI

Mie 
Mie memiliki bentuk panjang yang tak putus, ini menjadi simbol harapan umur panjang sehingga wajib ada saat perayaan Imlek. 

Rebung
Rebung adalah tunas bambu yang masih agak lunak dan biasanya dimasak menjadi sayuran. Ini termasuk jenis makanan yang wajib ada saat imlek. Rebung yang merupakan tunas ini melambangkan tumbuhnya harapan baru. 

Buah-buahan pisang dan jeruk simbol rejeki
Makanan yang wajib ada saat imlek adalah pisang raja atau pisang mas dan jeruk kuning. Kedua buah-buahan ini melambangkan kemakmuran yang terus-menerus. 

Daging ayam ingkung
Ayam dikenal senbagai hewan yang rajin. Maka dalam makanan imlek, ayam wajib ada sebagai simbol harapan di tahun yang baru kita semua semakin rajin dalam mengumpulkan rejeki. 

Ikan bandeng
Saat mengonsumsi ikan bandeng, biasanya seseorang akan menyisakan durinya. Nah dalam sajian imlek, bandeng termasuk makanan yang wajib ada karena melangmbangkan rejeki tidak pernah habis. 

Daging babi
Masih berkaitan dengan rejeki, daging babi juga jadi makanan yang wajib ada saat persembahan Imlek. Sebab daging babi merupakan simbol kemakmuran, sehingga rejeki tadi bisa ditambung supaya makmur sepanjang tahun. 

Demikian informasi mengenai persembahan atau sesajian yang perlu ada saat merayakan Tahun Baru Imlek. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News