AturUang

Ini Kelebihan Ngontrak Rumah Dibanding Membeli Rumah Baru

Ini Kelebihan Ngontrak Rumah Dibanding Membeli Rumah Baru

MOMSMONEY.ID - Yuk, simak beberapa kelebihan ngontrak rumah dibandingkan dengan membeli rumah.

Generasi milenial dan Z mungkin saat ini sedang bingung mau ngontrak atau beli rumah? Meski semua pada akhirnya ingin punya rumah sendiri. 

Pilihan ini dipersulit dengan kenaikan rata-rata harga rumah yang hampir sama dengan kenaikan rata-rata upah minimum regional (UMR).

Melansir Kontan, harga rumah naik 2,5% pada September 2023 dibanding September 2022. 

Baca Juga: Ada Fenomena Super New Moon, Waspada Banjir Rob selama Imlek

Sedangkan kenaikan upah minimum provinsi (UMP) berkisar 1,2% hingga 7,5% di tahun 2023. Adapun rata-rata UMP berkisar dari Rp 2 juta hingga Rp 5 juta. 

Mungkin Anda salah satu yang juga bingung dengan kondisi ini. Di saat gaji masih sebatas UMR, apakah lebih baik  beli rumah atau ngontrak? Sebelum memutuskan, ini, lo, kelebihan ngontrak rumah.

Mudah berpindah sesuai dengan penempatan kerja

Kelebihan ngontrak rumah adalah Anda mudah berpindah rumah saat harus mengikuti penempatan kerja. Anda hanya tinggal membawa perabotan milik Anda saat akan pindah rumah.  

Baca Juga: 3 Cara Top Up e-Toll Mandiri lewat Livin’ Mandiri & ATM Mandiri

Anda bisa lebih hemat

Mengutip berbagai sumber, dengan ngontrak rumah Anda bisa lebih hemat biaya pengeluaran. Sebab, Anda tak akan dibebankan biaya uang muka yang sekitar 20-30% dari harga rumah. 

Selain itu, Anda juga tak perlu memikirkan biaya perawatan karena biasanya kerusakan rumah kontrakan yang tidak sengaja akan diperbaiki oleh pemilik rumah. 

Tak hanya itu, Anda juga bebas biaya iuran pajak bumi dan bangunan (PBB) yang harus dibayarkan setiap tahunnya.

Cocok untuk yang belum berkeluarga

Anda bisa lebih untung dengan ngontrak rumah jika berbagi harga sewa bersama rekan kerja atau rekan kuliah. Jadi, biaya sewa akan lebih murah karena beban terbagi dengan penghuni lainnya. Sehingga, Anda bisa menabung untuk kelak membeli rumah sendiri

Demikian keuntungan atau kelebihan ngontrak rumah ketimbang membeli rumah. Tentunya, dengan mengontrak Anda tak memiliki aset. Namun, ini tak masalah sebab bagaimanapun membeli rumah tetap harus menyesuaikan dengan kondisi keuangan. 

Selanjutnya: Belum Selesai, OJK Masih Dalami Dugaan Fraud yang Terjadi di Investree

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News