MOMSMONEY.ID - Bersaing di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat, perlu menjadi perhatian banyak pelaku bisnis khususnya pemilik usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM.
Era digital yang mendukung pemasaran dan operasional pelaku usaha seharusnya menjadi faktor yang mendukung pertumbuhan usaha itu sendiri.
Victor Herryanto dari HIPMI Jakarta Utara, melihat, potensi untuk pelaku UMKM berkembang dan mendorong perekonomian Indonesia sangatlah besar.
Hanya saja, dia bilang, masih banyak UMKM yang kesulitan mengakses mentor dan informasi vital tentang digitalisasi.
Baca Juga: Kolaborasi Renos dan UMKM, Geliatkan Ekonomi Lokal Lewat Teknologi
"UMKM bukan sekadar tulang punggung ekonomi lokal, tapi juga jantung inovasi. Kami ingin mereka tumbuh dengan fondasi yang kuat dan mindset digital," ujar Aditya Pratama Tedja dari HIPMI Jaya dalam keterangan resmi Senin (14/7).
Agar pelaku usaha bisa mengatur strategi bisnis yang tepat dan memperluas usaha di pasar, Victor menegaskan, butuh langkah dalam mengakselerasi digitalisasi UMKM.
"Melalui pendampingan dan edukasi, kami melihat UMKM semakin berdaya saing dan siap menghadapi tantangan era digital," kata Victor.
Ini akan menjadi langkah awal dalam membangun ekosistem wirausaha lokal yang saling menguatkan dan membuka lebih banyak peluang kolaborasi dari berbagai sektor.
Selanjutnya: Syarat dan Jenis-Jenis Beasiswa LPDP Tahap 2 Tahun 2025, Cek Apa Saja
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News