Keluarga

Ini Daftar Makanan yang Bisa Menyebabkan Keguguran!

Ini Daftar Makanan yang Bisa Menyebabkan Keguguran!

MOMSMONEY.ID - Yuk simak 8 makanan yang bisa menyebabkan keguguran jika dikonsumsi berlebihan!

Saat hamil tentu setiap orang menginginkan masa mengandung yang aman dan sehat. Ini membuat jenis makanan yang dikonsumsi bisa menjadi keresahan tersendiri. 

Apalagi biasanya kita akan ditakuti dengan informasi bahwa makanan tertentu bisa menyebabkan keguguran. Nah ada baiknya untuk memisahkan antara mitos dan fakta soal makanan yang bisa menyebabkan keguguran. 

Melansir Mylo Family, di bawah pengawasan dr Shruti Tanwar, ini 8 makanan yang bisa menyebabkan keguguran jika dikonsumsi berlebihan!

Baca Juga: Resep Masakan Nusantara Mangut Lele yang Pedas Gurih Berkuah Nikmat

Nanas
Jika Anda menyukai buah nanas, selama kehamilan buah ini tidak boleh Anda konsumsi berlebihan. terutama di usia trimester pertama mengandung. Alasannya, nanas mengandung bromelain yang bisa menyebabkan otot rahim melunak dan membuat kelahiran lebih awal. 

Susu yang tidak dipasteurisasi
Jika Anda sedang hamil hati-hati saat mengonsumsi produk susu. Konsumsi susu yang tidak dipasteurisasi seperti keju feta, susu, mozzarella atau lainnya bisa berbahaya bagi janin karena kandungan bakteri listeria. 

Bakteri ini bisa menyebabkan keracunan makanan dan komplikasi para pada Anda dan janin. Sehingga sebaiknya konsumsi produk susu yang sudah dipasteurisasi. 

Makanan laut kaleng
Bakteri listeria ternyata juga ditemukan pada makanan laut kalengan. Sehingga sebaiknya konsumsi jumlah yang dianjurkan oleh dokter untuk mengurangi risiko keguguran. 

Selain itu hindari makanan laut yang mengandung merkuri tinggi seperti ikan todak, kepiting, makarel dan hiu. Makanan laut yang tinggi merkuri dapat menyebabkan berbagai komplikasi termasuk kerusakan otak pada janin dan keterlambatan perkembangan janin. 

Baca Juga: Mitos dan Fakta Tentang Makanan & Minuman Pemicu Kanker Menurut Penelitian

Kentang berkecambah
Wanita hamil juga rentan terhadap bahaya yang ditimbulkan oleh kecambah kentang. Solanin, racun yang ditembukan dalam jumlah besar kecambah jikau sangat berbahaya bagi pertumbuhan janin dan bisa menyebabkan keguguran. Jadi hindari konsumsi kentang yang bertunas terutama saat sedang hamil dan menyusui. 

Hati hewan
Dalam kondisi normal, hati hewan merupakan sumber nutrisi yang tinggi. Namun bisa beracun dan berbahaya jika berasal dari hewan yang terinfeksi. Nah wanita hamil harus menghindari hati hewan yang merupakan sumber kolesterol dan vitamin A. 

Kendala seperti spina bifida, kelainan pada saluran kemih dan hidrosefalus dapat disebabkan oleh kelebihan vitamin A pada pola makan ibu selama hamil. 

Pepaya
Ternyata pepaya mentah adalah salah satu makanan yang pelru dihindari ibu hamil selama awal kehamilan. Pepaya mentah yang berwarna hijau mengandung enzim yang memicu kontraksi rahim yang akhirnya menyebabkan keguguran. Anda bisa makan pepaya matang secukupnya setelah berkonsultasi dengan ahli gizi dan ginekolog Anda. 

Baca Juga: Ini lo Daftar Universitas yang Masuk Dalam Beasiswa LPDP Dalam Negeri Program Doktor

Paha bawah
Paha bawah sebenarnya mengandung potasium, vitamin C, zat besi, kalsium dan vitamin. Namun karena adanya alfa-sitosterol pada paha bawah ayam, makanan ini dianggap sebagai penyebab keguguran. 

alfa-sitosterol bisa memberikan efek samping seperti estrogen. Keduanya bisa melunakan otot rahum sehingga meningkatkan kemungkinan keguguran. Sehingga jika ingin konsumsi jangan berlebihan.

Lidah buaya
Lidah buaya tak hanya bagus untuk kulit dan rambut tetapi juga untuk sistem pencernaan. Namun yang mengejutkan, lidah buaya bisa menyebabkan pendarahan pada panggul saat Anda hamil dan menyebabkan keguguran. Sehingga batasi konsumsi lidah buaya hingga trimester kedua. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News