AturUang

Ini Biaya Yang Harus Dipikirkan Sebelum Menerima Beasiswa Ke Luar Negeri, Simak Yuk

Ini Biaya Yang Harus Dipikirkan Sebelum Menerima Beasiswa Ke Luar Negeri, Simak Yuk

MOMSMONEY.ID - Mendapatkan beasiswa ke luar negeri memang menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Akan tetapi, tetap perhatikan kondisi keuangan sebelum memutuskan mengambil tawaran tersebut. 

Andy Nugroho, perencana keuangan mengatakan bahwa yang harus dipertimbangkan ketika menerima beasiswa belajar sebenarnya terutama adalah biaya yang berkaitan dengan proses studi tersebut hingga selesai.

Paling tidak ada empat biaya yang harus dipertimbangkan. Pertama adalah biaya semester atau SPP selama menjalani studi tersebut.

Baca Juga: Jangan Tertipu, Cermati 5 Tanda Lowongan Kerja Bodong

Kedua adalah biaya hidup atau living coast selama menjalani studi.  "Biaya ini termasuk didalamnya tempat tinggal, makan sehari-hari, serta biaya transport," kata Andy.  

Andy bilang beberapa beasiswa yang begitu baik memberikan berbagai macam fasilitas tambahan bagi mahasiswa yang mendapatkannya, dengan memberikan fasilitas dana.

Ketiga, pertimbangkan pula untuk tiket pulang pergi ke negera asal. Biaya tiket pesawat ini sudah pasti membutuhkan anggaran yang besar. 

Keempat, bagi yang sudah berkeluarga perlu mempertimbangkan biaya hidup bagi anak dan istrinya bila dibawa ke negera tempat studi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News