Keluarga

Pahami Syarat Daftar Beasiswa Prasejahtera LPDP 2024 Yuk!

Pahami Syarat Daftar Beasiswa Prasejahtera LPDP 2024 Yuk!

MOMSMONEY.ID - Beasiswa prasejahtera LPDP adalah program beasiswa yang diperuntukan bagi kelompok masyarakat dari keluarga prasejahtera atau miskin untuk melanjutkan studi ke jenjang Magister. 

Dalam hal ini keluarga harus terdaftar dan aktif sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH), penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Penerima Bantuan Iuran (PBI) di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial. 
Baca Juga: Ini Makanan & Minuman yang Harus Dihindari Selama Diet Mediterania! 

Beasiswa prasejahtera LPDP 2024 diberikan selama 24 bulan untuk program Magister alias S2 baik satu gelar atau dua gelar. Dalam hal ini peserta tidak wajib memiliki Letter of Acceptance (LoA) Unconditional. Namun wajib punya LoA jika sudah diterima di perguruan tinggi tujuan dalam negeri atau luar negeri dan masuk dalam daftar LPDP.

Apa saja persyaratan umum beasiswa prasejahterta LPDP? 
Beasiswa prasejahtera LPDP hanya diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia, yang telah selesai D4 atau S1. Anda bisa merupakan lulusan perguruan tinggi luar negeri dengan menyertakan penyetaraan ijazah dan IPK. 

Bagi Anda yng sedang menempuh studi juga bisa mendaftar, namun harus berbeda program studi atau perguruan tinggi dari yang ditempuh saat ini. Serta memberikan surat pemberhentian resmi dari program studi atau perguruan tinggu sebelumnya. 

Jika Anda pernah kuliah S2 namun tidak selesai, bisa juga mendaftar beasiswa prasejahtera ini dibuktikan dengan surat pemberhentian atau sejenisnya. 

Apa saja persyaratan khusus beasiswa prasejahtera LPDP?
Pada saat mendaftar, Moms perlu membawa KTP atau KK untuk melihat status Anda apakah terdaftar dan aktif dalam program PKH/BNPT/PBI. 

Selain itu pendaftar yang diutamakan adalah mereka yang merupakan anggota keluarga pertama di keluarganya yang mendapatkan gelar S1 atau yang mengejar gelar S2 dibuktikan dengan KK dan surat pernyataan bermaterai. 

Anda tidak boleh berstatus sebagai CPNS, PNS, TNI atau Polri. Adapun usia pendaftar maksimal 42 tahun per 31 Desember. Serta memiliki IPK minimal 3. 

Sebagai tambahan Moms perlu mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris. Ketentuannya adalah memiliki skor TOEFL ITP 400, TOEFL iBT 33, PTE Academic 30, IELTS 4,5, Duolingo English Test 65, TOEP 35 atau ekuivalen 400 untuk program magister dalam negeri.

Baca Juga: Suhu Terpanas di Indonesia Pekan Lalu Masih Capai Lebih dari 36° Celcius 

Jika Anda ingin mendaftar magister luar negeri maka wajib memiliki skor TOEFL ITP 500, TOEFL iBT 61, PTE Academic 50, IELTS 6.0 , Duolingo English Test 95, TOEP 66 atau ekuivalen 500 untuk program magister dalam negeri. 

Sehingga berikut dokumen yang perlu Anda siapkan:

  • KTP dan KK
  • Scan ijazah S1/SKL atau penyetaraannya
  • Surat pemberhentian dari perguruan tinggi jika tidak menyelesaikan studi
  • Scan transkrip nilai S1 atau penyetaraannya
  • Sertifikat kemampuan bahasa asing yang masih berlaku (2 tahun)
  • LoA (opsional)
  • Surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau akademisi
  • Surat bermaterai Rp 10.000 jika pendaftar merupakan anggota keluarga pertama di keluarga yang mendapatkan gelar S1 atau pertama mengejar gelar Magister. 

Demikian informasi syarat pendaftaran beasiswa prasejahtera LPDP 2024. Jangan lupa Anda juga diwajibkan mengisi data diri hingga komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi dan rencana kontribusi di Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News