Keluarga

Ingin Memelihara Kucing yang Cerdas? Ini Rekomendasi Rasnya!

Ingin Memelihara Kucing yang Cerdas? Ini Rekomendasi Rasnya!

MOMSMONEY.ID - Pada dasarnya, kucing termasuk hewan peliharaan yang tergolong cerdas dan pintar.

Mengutip Psychology Today, bagian cerebral cortex pada otak kucing memiliki sekitar 300 juta neuron. Bagian otak ini berfungsi untuk mengatur pengambilan keputusan dan problem solving. Sementara itu, anjing memiliki sekitar 429 juta neuron di bagian cerebral cortex-nya.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa kecerdasan kucing sebenarnya tidak jauh berbeda dengan anjing. Ada beberapa faktor yang mengindikasikan kecerdasan kucing, seperti mampu dilatih, bisa berinteraksi dengan hewan lainnya secara baik, bisa beradaptasi dengan suasana baru, dan energik.

Sama seperti hewan lainnya, ada beberapa jenis atau ras kucing yang secara umum lebih pintar dan cerdas. Dirangkum dari Newsweek dan Pet Keen, berikut beberapa di antaranya.

Baca Juga: Apa Saja Ras Kucing yang Berumur Panjang? Ini Jawabannya

Balinese

Kucing Balinese

Jangan salah, kucing Balinese bukan kucing asli Bali, tapi merupakan jenis kucing Siam yang berbulu panjang. Kucing Balinese termasuk jenis kucing yang aktif dan penasaran, sehingga suka menjelajahi lingkungan sekitarnya dan butuh banyak aktivitas untuk melatih tubuh dan mentalnya. Selain itu, kucing Balinese juga penyayang dan akrab dengan pemiliknya.

Bengal

Kucing Bengal

Termasuk salah satu jenis kucing termahal di dunia, kucing Bengal adalah kucing campuran antara kucing domestik dengan macan tutul Asia sehingga tubuhnya memiliki motif tutul-tutul yang khas. Kucing ini memiliki ukuran tubuh yang cukup besar, dengan sifat yang aktif dan energik. Selain suka bermain, mereka bisa belajar menggunakan kakinya untuk membuka laci atau menyalakan lampu, lo.

Siamese

Kucing Siam

Kucing Siamese atau Siam memiliki tubuh yang ramping dengan bulu pendek, telinga besar, dan mata biru cerah. Kucing ini tergolong pintar, mudah penasaran, dan suka mencari perhatian dengan cara mengeong saat menginginkan sesuatu dari pemiliknya. Karena mudah penasaran dan cukup aktif, kucing Siam perlu diberikan beragam mainan untuk menyalurkan energinya.

Baca Juga: Ramah dan Penyayang, Ini Dia Jenis Kucing yang Cocok Dipelihara Anak-Anak!

Scottish Fold

Kucing Scottish Fold

Kucing Scottish Fold terkenal dengan bentuk kepalanya yang membulat dengan telinga yang terlipat. Termasuk jenis kucing yang bersahabat dan tenang, kucing Scottish Fold suka menghabiskan waktunya bersama manusia dan suka diajak bermain, sehingga perlu sering-sering berinteraksi dengan pemiliknya.

Japanese Bobtail

Kucing Japanese Bobtail

Berasal dari Jepang dan Asia Tenggara, kucing Japanese Bobtail terkenal memiliki bulu yang pendek dengan ekor yang pendek pula. Mereka termasuk jenis kucing yang aktif dan suka berinteraksi dengan manusia atau hewan lain. Bahkan, mereka bisa dilatih bermain lempar-tangkap dan belajar untuk berlari halang rintang.

Savannah

Kucing Savannah

Sama seperti kucing Bengal, kucing Savannah juga termasuk jenis kucing termahal di dunia. Kucing Savannah memiliki ukuran tubuh sedang hingga besar dengan corak tutul-tutul. Kucing ini dikenal memiliki loyal dan bisa bersosialisasi dengan hewan dan manusia lain jika dilatih dari kecil, serta sangat aktif dan lincah.

Itulah beberapa contoh ras kucing yang tergolong cerdas dan pintar. Dari ras kucing yang disebutkan di atas, mana yang menurut Anda paling menarik perhatian?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News