AturUang

Hati-Hati, Kondisi Keuangan Makin Tercekik Lantaran Beberapa Hal Ini

Hati-Hati, Kondisi Keuangan Makin Tercekik Lantaran Beberapa Hal Ini

MOMSMONEY.ID - Merasa kondisi keuangan terus-terusan sulit? Finansialku punya memberberkan kondisi yang bisa semakin mempersulit kondisi keuangan. 

Pertama, pendapatan yang terlalu kecil. Hal ini kerap dialami oleh mereka yang berusia 20an atau bisa dibilang para fresh graduate. 

Kondisi sulit lainnya ketika tidak aman secara keuangan. Misalnya saja tidak memiliki dana darurat, tidak punya asuransi, tidak punya tabungan. Alhasil, saat terjadi sesuatu, keuangan akan langsung goyang. 

Selanjutnya, kondisi keuangan sulit ketika bergantung pada satu sumber pemasukan. Ini akan bahaya kalau kondisinya sudah berkeluarga, sehingga harus cari sumber pendapatan tambahan. 

Baca Juga: Ini 6 Saham yang Direkomendasikan KB Valbury Sekuritas untuk 2 Mei 2024

Hal lainnya adalah investasi yang terlalu kecil dan kacau. Belum memiliki punya investasi, tetapi langsung memberanikan diri dan tidak menggunakan strategi serta pembagian porsi juga bisa membuat keuangan menjadi kacau balau. 

Lantas, sudah pasti terlalu banyak utang akan membuat semakin tertekan. Utang itu bermacam-macam bisa kredit tanpa agunan, kredit pemilikan rumah, kartu kredit, pinjaman online dan masih banyak lagi. 

Kondisi akan semakin parah ketika belum menyiapkan pensiun. Dikarenakan terlalu terbuai dengan manisnya hidup, biasanya seseorang akan mulai kebingungan ketika masuk fase 40an. 

Terakhir adalah tidak siap untuk pensiun. Bagaimana mau pensiun sementara dananya belum siap. Alhasil, harus mencari bantuan dari orang terdekat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News