Bugar

Wajib Waspada! Ini Ciri-Ciri Asam Lambung Kronis yang Butuh Penanganan Cepat

Wajib Waspada! Ini Ciri-Ciri Asam Lambung Kronis yang Butuh Penanganan Cepat

MOMSMONEY.ID - Apa saja ciri-ciri asam lambung kronis? Simak cirinya di sini, yuk.

Asam lambung kronis adalah kondisi yang harus diwaspadai karena berpotensi menyebabkan komplikasi serius jika tidak ditangani dengan cepat. Penyakit ini terjadi ketika asam lambung naik ke esofagus secara berulang-ulang, sehingga mengiritasi dan merusak lapisan esofagus.

Penting sekali untuk mengenali cirinya agar mampu melakukan penanganan yang lebih cepat dan tepat. Berikut adalah ciri-ciri asam lambung kronis yang perlu Anda kenali untuk pengobatan dan penanganan segera:

1. Heartburn yang berkepanjangan

Heartburn atau sensasi terbakar di dada adalah gejala paling umum dari asam lambung kronis. Sensasi ini biasanya terjadi setelah makan dan bisa bertahan selama beberapa jam.

Heartburn yang berulang dan tidak kunjung mereda meskipun sudah mengonsumsi antasida mungkin merupakan tanda dari GERD.

Baca Juga: Apakah Apel Baik untuk Asam Lambung? Intip Jawabannya di Sini!

2. Regurgitasi asam

Regurgitasi adalah kondisi di mana asam lambung naik kembali ke kerongkongan dan bahkan sampai ke mulut, menyebabkan rasa pahit atau asam di mulut. Ini adalah salah satu ciri yang paling nyata dari asam lambung kronis.

3. Kesulitan menelan

Penderita asam lambung kronis sering kali mengalami kesulitan menelan atau sensasi ada yang mengganjal di tenggorokan. Ini terjadi karena lapisan esofagus yang teriritasi atau terluka oleh asam lambung berulang kali, menyebabkan pembengkakan atau penyempitan esofagus.

Baca Juga: Ampuh! Inilah Makanan Penurun Asam Lambung yang Bisa Anda Coba

4. Serak dan batuk kering

Asam yang naik ke kerongkongan dapat merangsang saluran pernapasan, menyebabkan serak, batuk kering, atau gejala mirip asma. Gejala ini sering kali lebih buruk di pagi hari atau setelah bangun tidur.

5. Nyeri tenggorokan dan suara serak

Iritasi kronis di kerongkongan bisa menyebabkan nyeri tenggorokan yang berkepanjangan dan perubahan suara. Suara menjadi serak atau ada kesulitan berbicara bisa jadi adalah akibat dari pengaruh asam pada pita suara.

Itulah ciri-ciri asam lambung kronis yang perlu Anda ketahui. Lantas, bagaimana dengan penanganannya?

Baca Juga: Redakan Asam Lambung Naik Dengan 10 Cara Jitu Ini

Penanganan asam lambung kronis

Untuk mengatasi asam lambung kronis, Anda harus berkonsultasi dengan dokter atau mendatangi fasilitas kesehatan untuk mendapatkan diagnosis yang akurat.

Dokter akan melakukan serangkaian tes untuk menentukan penyebab pasti kondisi Anda dan berdasarkan hasil tersebut, beberapa penanganan mungkin akan diberikan.

Melansir dari Alodokter, dokter mungkin akan meresepkan beberapa jenis obat untuk mengelola asam lambung kronis. Jika pengobatan dengan obat-obatan tidak efektif, dokter mungkin akan merekomendasikan operasi sebagai solusi.

Baca Juga: Sesak Napas karena Asam Lambung Naik? Begini Cara Mengatasinya!

Operasi umumnya bertujuan untuk memperkuat atau membangun kembali katup antara lambung dan esofagus agar asam lambung tidak naik ke kerongkongan.

Selain pengobatan medis, mengelola asam lambung kronis juga memerlukan perubahan gaya hidup. Hal ini mencakup:

  • Menerapkan pola makan sehat.
  • Mengurangi konsumsi alkohol.
  • Berhenti merokok.
  • Menurunkan berat badan jika diperlukan.

Jika Anda mengalami gejala yang persisten atau gejala asam lambung kronis yang tidak membaik, sangat penting untuk memeriksakan diri ke dokter. Penanganan yang cepat dan tepat sangat krusial untuk mencegah kondisi bertambah parah dan mengurangi risiko komplikasi jangka panjang.

Selanjutnya: Apakah Telegram Aman Digunakan? Ketahui 6 Risiko yang Perlu Diwaspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News