Bugar

Yuk Konsumsi! Ini Daftar Buah yang Baik untuk Asam Lambung

Yuk Konsumsi! Ini Daftar Buah yang Baik untuk Asam Lambung

MOMSMONEY.ID - Tahukah ternyata ada sejumlah buah yang baik untuk asam lambung, lo. Apa saja kira-kira?

Mengalami asam lambung naik bisa sangat mengganggu. Salah satu cara efektif untuk mengelolanya adalah melalui diet. Tidak semua makanan cocok untuk dikonsumsi ketika mengalami masalah asam lambung, tetapi beberapa buah tertentu terbukti ramah bagi penderita kondisi ini.

Oleh karena itu, berikut Momsmoney uraikan daftar buah yang baik untuk asam lambung yang bisa Anda coba:

1. Pisang

Dikutip dari Livestrong, pisang merupakan buah alkali (non-asam), dapat membantu menyeimbangkan asam lambung, sehingga mengurangi gejala GERD. Pisang juga merupakan sumber serat yang baik, yang membantu mempercepat pencernaan dan mencegah penumpukan asam lambung.

Baca Juga: Wajib Waspada! Ini Ciri-Ciri Asam Lambung Kronis yang Butuh Penanganan Cepat

2. Melon

Melon, termasuk honeydew dan cantaloupe, memiliki kandungan air yang tinggi dan pH yang lebih tinggi, yang membuatnya ideal untuk penderita asam lambung. Melon dapat membantu menetralkan asam lambung dan menyediakan rasa segar serta hidrasi tanpa risiko iritasi.

3. Semangka

Melansir dari Dokter Sehat, semangka memiliki kandungan air yang tinggi dan rendah asam. Ini membuat semangka menjadi pilihan yang menyegarkan dan aman untuk penderita asam lambung.

Kandungan air yang tinggi di dalam semangka juga membantu pencernaan dan mengurangi frekuensi gejala asam lambung.

Baca Juga: Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat dan Alami yang Terbukti Efektif

4. Pir

Buah pir memiliki kadar asam yang rendah dan merupakan sumber serat yang baik. Mengonsumsi pir dapat membantu menyerap kelebihan asam dalam perut dan mengurangi gejala refluks.

5. Apel

Apel adalah pilihan yang aman dan bisa dikonsumsi oleh orang yang memiliki GERD, menurut IFFGD. Meskipun tidak ada buah atau makanan tertentu yang dapat menyembuhkan refluks sepenuhnya, apel dianggap sebagai pilihan yang relatif aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Redakan Asam Lambung Naik Dengan 10 Cara Jitu Ini

6. Kurma

Buah yang sering dikaitkan dengan bulan Ramadan ini adalah pilihan yang baik untuk penderita asam lambung karena memiliki tingkat pH yang rendah, sehingga tidak menyebabkan peningkatan produksi asam lambung.

7. Pepaya

Pepaya tidak hanya terkenal karena kemampuannya mengatasi sembelit, tetapi juga bisa membantu meredakan nyeri ulu hati yang sering terjadi pada penderita GERD.

Khasiat ini berasal dari enzim yang terkandung dalam pepaya, yang dikenal sebagai papain. Enzim ini mendukung proses pencernaan dan membantu mengurangi gejala yang berkaitan dengan asam lambung.

Baca Juga: Apakah Apel Baik untuk Asam Lambung? Intip Jawabannya di Sini!

Itulah daftar buah yang baik untuk asam lambung. Setelah ini, buah manakah yang ingin Anda coba untuk dikonsumsi?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News