Hati-hati! Ada Sinar UV Berbahaya Sepanjang Siang Hari Ini di Indonesia (1/3)

Hati-hati! Ada Sinar UV Berbahaya Sepanjang Siang Hari Ini di Indonesia (1/3)

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) prediksi paparan sinar UV berbahaya masih berlanjut pada siang hari ini, Jumat, 1 Maret 2024. 

Kadar atau level bahaya sinar UV ini akan terasa dari sedang, tinggi, sangat tinggi hingga ekstrem. Saat Anda terpapar sinar UV yang menunjukkan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko mengalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Nah bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Baca Juga: BMKG Deteksi Bibit Badai Siklon Tropis 93S, Cuaca Hujan Lebat di Wilayah Ini

Papua & Maluku
Sinar UV berbahaya sedang hingga tinggi dirasakan di Papua dan Maluku pada pukul 09.00 WIT. Kemudian pada pukul 10.00 WIT sinar UV meningkat ke level sangat tinggi hingga ekstrem. 

Di Papua, kondisi ini terjadi hingga pukul 13.00 WIT kemudian mereda di wilayah Papua Pegunungan ke sinar UV berbahay sedang. Kondisi di Papua aman mulai pukul 15.00 WIT.

Di Maluku sinar UV berbahaya tinggi hingga sangat tinggi dirasakan mulai pukul 10.00 WIT. Kemudian meningkat jadi berbahaya ekstrem pada pukul 11.00 WIT hingga pukul 14.00 WIT. Kemudian mereda ke level bahaya sedang pada pukul 15.00 WIT dan kondisi aman pada 17.00 WIT. 

Sulawesi
Sinar UV berbahaya sedang dirasakan pada pukul 09.00 WITA. Kemudian bahaya sinar UV meningkat ke level bahaya sangat tinggi pada pukul 10.00 WITA. 

Adapun pada pukul 11.00 WITA sinar UV meningkat ke level bahaya ekstrem hingga pukul 12.00 WITA. Adapun pada pukul 13.00 WITA sinar UV sudah turun ke level bahaya sedang. 

Bali & Nusa Tenggara
Sinar UV berbahaya tinggi hingga sangat tinggi dirasakan di Bali dan Nusa Tenggara pada pukul 10.00 WITA. Kemudian meningkat ke level bahaya ekstrem pada pukul 11.00 hingga 13.00 WITA. Berangsur turun ke level bahaya sedang mulai pukul 14.00 WITA. 

Kalimantan & Jawa
Kalimantan merasakan sinar UV berbahaya sedang hingga tinggi mulai pukul 08.00 WIB. Kemudian naik ke level bahaya sangat tinggi hingga ekstrem mulai pukul 10.00 WIB. Kondisi ini terus berlangsung hingga pukul 11.00 WIB. Kemudian pada pukul 12.00 kadar bahaya sinar UV turun ke level sedang. 

Di Pulau Jawa, sinar UV berbahaya sedang dirasakan pada pukul 09.00 WIB. Meningkat ke bahaya tinggi pada pukul 10.00 WIB lalu turun lagi ke level sedang pada pukul 11.00 WIB. 

Baca Juga: Intoleransi Laktosa, Penyebab Sakit Perut Setelah Minum Susu

Sumatera
Sinar UV berbahaya sedang dirasakan pada pukul 09.00 WIB. Kemudian meningkat ke level bahaya tinggi pada pukul 10.00 WIB dan meningkat ke level bahaya sangat tinggi pada pukul 11.00 WIB hingga 13.00 WIB. Kemudian mereda dan aman pada pukul 16.00 WIB.

Sebaiknya hindari paparan matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir, air dan salju karena akan meningkatkan paparan UV. 

Selanjutnya: Resep Praktis Tempe Penyet Sambal Bawang yang Gurih Pedas, Inspirasi Lauk Makan Siang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News