Santai

Hati-hati! Sinar UV Berbahaya Dirasakan Di Indonesia Hari Ini (7/2)

Hati-hati! Sinar UV Berbahaya Dirasakan Di Indonesia Hari Ini (7/2)

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) prediksi paparan sinar UV berbahaya masih berlanjut pada siang hari ini, Rabu, 7 Februari 2024. 

Kadar atau level bahaya sinar UV ini akan terasa dari sedang, tinggi, sangat tinggi hingga ekstrem. Saat Anda terpapar sinar UV yang menunjukan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko mengalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Nah bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. Yuk simak jadwal sinar UV berbahaya bakal melanda wilayah Anda!

Baca Juga: 5 Rasa Makanan yang Pengaruhi Kesehatan Tubuh, Menurut Pengobatan Tradisional China

08.00 WIB / 09.00 WITA / 10.00 WIT
Sinar UV berbahaya level sedang dirasakan di Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara Barat. Sinar UV berbahaya tinggi dirasakan di wilayah Maluku dan Papua. Adapun sinar UV berbahaya sangat tinggi dirasakan di sebagian kecil wilayah Papua.

09.00 WIB / 10.00 WITA / 11.00 WIT
Sinar UV berbahaya sedang dirasakan di Sumatera, Kalimantan dan Jawa. Sinar UV berbahaya tinggi dirasakan di Kalimantan Utara, Jawa Timur. Sinar UV berbahaya sangat tinggi dirasakan di Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan Bali. Sinar UV berbahaya ekstrem dirasakan di Papua. 

10.00 WIB / 11.00 WITA / 12.00 WIT
Sinar UV berbahaya tinggi dialami di Sumatera. Sinar UV berbahaya sangat tinggi dirasakan di Jawa, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Papua. Sinar UV berbahaya ekstrem dirasakan di Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, Maluku dan Papua Barat. 

11.00 WIB / 12.00 WITA /  13.00 WIT
Sinar UV berbahaya sangat tinggi dirasakan di Sumatera dan Jawa. Sinar UV berbahaya ekstrem dirasakan di Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku. Di Papua sinar UV berada dalam level bahaya sedang hingga sangat tinggi. 

12.00 WIB / 13.00 WITA / 14.00 WIT
Sinar UV berbahaya sedang di wilayah Papua, Sumatera dan Jawa. Sinar UV berbahaya sangat tinggi berada di wilayah perairan Maluku dan Nusa Tenggara. Sinar UV berbahaya ekstrem masih ditasakan di Aceh, Kalimantan dan Sulawesi bagian utara. 

13.00 WIB / 14.00 WITA / 15.00 WIT
Pada waktu ini Kalimantan masih alami sinar UV berbahaya sangat tinggi. Sedangkan Sumatera bagian tengah dan selatan, Jawa, sulawesi, Maluku, dan papua Barat alami sinar UV berbahaya sedang. Adapun Papua mulai kondusif dan perairan Bali dan Nusa Tenggara alami sinar UV berbahaya sangat tinggi. 

Baca Juga: Kenalan dengan Park Ji-Hoon, Aktor Menawan di Drakor Love Song for Illusion

14.00 WIB/ 15.00 WITA/ 16.00 WIT
Papua, Jawa sebagian kecil Sulawesi dan Maluku sudah mulai aman. Sedangkan Kalimantan Barat alami sinar UV berbaya tinggi. Kalimantan Utara, Sulawesi, sebagian besa Aceh, Bali dan Nusa Tenggara alami sinar UV berbahaya sedang. 

Sebaiknya hindari paparan matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir, air dan salju karena akan meningkatkan paparan UV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News