M O M S M O N E Y I D
BisnisYuk

Gen Z Gemar Belanja di Kanal Omnichannel

Gen Z Gemar Belanja di Kanal Omnichannel
Reporter: Jane Aprilyani  |  Editor: Jane Aprilyani


MOMSMONEY.ID - Menurut data Sensus Penduduk pada 2020, Gen Z adalah generasi dengan populasi terbesar di Indonesia, yakni sebanyak 74,93 juta atau 27,94% dari total penduduk. Generasi kelahiran 1996-2012 ini telah memasuki usia pekerja produktif dengan proyeksi pendapatan yang terus meningkat, sehingga memiliki potensi daya beli yang tinggi yang dapat mempengaruhi tren belanja dalam beberapa tahun mendatang.

Dengan daya konsumsi unik dan berbeda dengan dengan generasi lainnya, Gen Z bersedia mengeluarkan uang lebih banyak untuk memperoleh barang atau jasa yang premium sekaligus menonjolkan individualitas mereka.

Mengutamakan kenyamanan dan kepraktisan, mereka memiliki karakteristik tech savvy dan kerap mengandalkan ulasan positif dari berbagai sumber digital sebelum membeli sebuah produk atau jasa.

Diulas dalam artikel McKinsey pada 2018 1 , Gen Z memiliki ekspektasi agar mampu mengakses produk dimanapun dan kapanpun secara seamless, sehingga semakin mengaburkan batasan antara kanal online maupun offline. Perilaku konsumsi ini juga didukung dengan pergeseran tren belanja pasca pandemi.

Baca Juga: Survei Orami: Ibu Butuh Pendukung dalam Memberikan ASI

Data Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menyebutkan 60% masyarakat mulai berbelanja secara offline, 25% tetap berbelanja secara online, dan 15% gabungan keduanya. Oleh karena itu, penting bagi brands untuk memahami dan mengadopsi strategi yang matang guna menghadapi era tren belanja terbaru dan memanfaatkan peluang menjadi yang terdepan melalui strategi omnichannel commerce.

Era Omnichannel Commerce Menuju Seamless Shopping Experience

Istilah omnichannel commerce masih terdengar asing di kalangan masyarakat dan bahkan pemilik merek atau brands. Padahal, strategi bisnis ini dapat menjadi respons tepat dari kebutuhan belanja Gen Z, karena pendekatan tersebut menawarkan konsep berjualan yang menggunakan lebih dari satu kanal.

Dengan adanya strategi omnichannel, yang semula brands hanya menggunakan strategi multichannel yaitu memiliki berbagai kanal penjualan seperti toko fisik, marketplace, website, live streaming, hingga chat commerce tanpa kesinambungan, kini brands dapat meningkatkan kenyamanan konsumen saat berinteraksi dalam setiap sales touchpoint melalui integrasi dari setiap kanal penjualan tanpa batasan apapun.

Dalam mengimplementasikan strategi omnichannel commerce, dibutuhkan eksekusi yang matang di mana brands harus memperhatikan beberapa potensi kendala selama proses adaptasi ke ranah digital.

Baca Juga: Oriflame Gandeng SIRCLO Sebagai Mitra Strategis Penjualan Online dari Hulu ke Hilir

Danang Cahyono, Chief Operating Officer SIRCLO menjelaskan sebagai penyedia omnichannel enabler terdepan di Indonesia selama 10 tahun terakhir, SIRCLO menemukan beberapa titik kesulitan yang dihadapi brands saat mengadopsi strategi omnichannel, yakni dibutuhkan kapasitas inventory yang besar saat menampung berbagai jenis produk di seluruh platform penjualan, kendala logistik, serta minimnya kemahiran teknologi untuk mengeksekusi strategi ini.

"Oleh karena itu, kerjasama antara para ahli dan brands guna menghadirkan seamless shopping experience menjadi penting agar seluruh proses dapat berjalan dengan lancar dari hulu ke hilir," katanya dalam keterangan yang diterima Momsmoney.

Kehadiran strategi omnichannel menjadi penting bagi brands untuk memastikan pelayanan yang menyenangkan pada setiap interaksi antara penjual dan konsumen.

Dengan misi memaksimalkan potensi pelaku bisnis, SIRCLO menghadirkan berbagai solusi teknologi ahli yang memungkinkan brands berskala besar atau enterprise untuk berjualan di berbagai kanal secara terintegrasi, seperti marketplace, website, maupun sinkronisasi stok produk pada toko fisik.

Bahkan melalui tren pemasaran dan dengan pola belanja yang semakin berkembang, SIRCLO merambah pada strategi live streaming atau pemasaran produk secara daring melalui penyiaran langsung, di mana pembeli dapat berinteraksi dengan penjual secara real-time. Selaras dengan data Jakpat, metode berjualan secara live streaming ini didominasi oleh 87% audiens dari Gen Z.

Baca Juga: Live Shopping Jadi Tren Belanja Nasional, SIRCLO Resmikan SIRCLO Studio

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

Promo JSM Hypermart Weekend 12-15 Desember 2025, Aneka Es Krim Aice Diskon 50%

Cek dan manfaatkan katalog promo JSM Hypermart Hyper Diskon Weekend periode 12-15 Desember 2025 untuk belanja di akhir pekan.

Hemat Berdua! Promo HokBen Double Date 12.12 Cuma Rp 54.000-an/Orang, 3 Hari Saja

Merayakan momen 12.12 HokBen hadirkan promo Double Date mulai 12-14 Desember 2025. Tersedia paket makan berdua hemat hanya Rp 54.000-an/orang.

Hemat Maksimal 12.12! Kumpulan Promo Roti’O Periode Desember, Cashback hingga 50%

Roti'O hadirkan sederet promo spesial merayakan momen 12.12. Bank Saqu dan Blu berikan cashback sampai 50% selama Desember 2025.

Redmi 15 Mengusung Kapasitas Baterai Jumbo 7.000 mAh, Kalahkan Poco C75

Redmi 15 meluncur tak sendirian, ia juga membawa kapasitas baterai raksasa 7.000 mAh. Ukuran ini unggul dari Poco C75 yang hanya 5.160 mAh.

Redmi Note 14 Pro HP RAM 12 GB Harga 3 Jutaan, Cocok Buat bikin Video 4K di TikTok

Redmi Note 14 Pro HP RAM besar ini rilis bersama Redmi Note 14, tapi bawa fitur yang lebih keren. Ada RAM hingga 12 GB untuk konten kreator.

10 Daftar Promo 12.12 Kuliner Favorit Desember 2025, Mako Bakery sampai HokBen Hemat

Sederet kuliner favorit hadir manjakan Anda dalam promo 12.12 periode Desember 2025. Mulai dari Mako Bakery sampai HokBen hemat semua.

Promo JSM Indomaret Periode 12-14 Desember 2025, Gentle Gen Beli 2 Diskon 50%

Promo JSM Indomaret ini berlaku Nasional. Untuk Indomaret di luar Pulau Jawa, Bali, dan Lombok, terdapat selisih harga.

Drift.Inc Buka Cabang Jakarta, Sasar Mahasiswa hingga Keluarga

​Drift.Inc membuka cabang pertama di Jakarta dengan menghadirkan arena go-kart menyasar mahasiswa, karyawan, dan keluarga.

Zodiak yang Suka Batalkan Janji Last Minute, Ada Libra

Cek di sini apa saja daftar zodiak yang suka membatalkan rencana dan janji temu di menit-menit terakhir.

Inspirasi Gaya Ruang Tamu dan Ruang Makan Tahun 2026 yang Sangat Memukau

Cek inspirasi ruang tamu dan ruang makan ala Kim Lewis yang sangat memukau. Gaya vintage modern ini cocok untuk tampilan hunian kamu.