Bugar

Emosi dalam Diri Manusia, Mari Mengenal Apa itu Anxiety dan Cara Menanganinya

Emosi dalam Diri Manusia, Mari Mengenal Apa itu Anxiety dan Cara Menanganinya

MOMSMONEY.ID - Dalam perjalanan kehidupan sehari-hari, manusia tidak hanya berhadapan dengan berbagai tantangan fisik tetapi juga tantangan emosional. Salah satu emosi yang sering kali muncul dan mempengaruhi banyak orang adalah anxiety atau kecemasan. Apa itu anxiety sebenarnya?

Apa itu Anxiety?

Anxiety adalah perasaan ketidaknyamanan, kekhawatiran, atau ketakutan yang berlebihan, yang bisa berdampak pada mental dan fisik seseorang. Ini adalah emosi yang biasa dirasakan semua orang pada satu waktu atau lainnya, misalnya sebelum wawancara kerja, menghadapi ujian, atau dalam situasi lainnya.

Anxiety yang terus-menerus atau berlebihan dapat mengarah pada diagnosa kondisi kesehatan mental, seperti gangguan kecemasan umum (generalized anxiety disorder, GAD).

Baca Juga: Kolesterol Tinggi? Konsumsi 8 Sayuran Penurun Kolesterol Paling Cepat Berikut

Penyebab Anxiety

Penyebab dari anxiety bisa sangat kompleks dan merupakan kombinasi dari faktor genetik, kimia otak, faktor lingkungan, dan pengalaman hidup.

Beberapa orang mungkin lebih rentan terhadap anxiety karena genetik atau kepribadian mereka, sementara yang lain mungkin mengalami kecemasan karena peristiwa traumatis atau stres kronis.

Gejala Anxiety

Gejala anxiety dapat bervariasi, namun beberapa yang paling umum meliputi:

  • Rasa khawatir atau tegang yang tidak kunjung hilang.
  • Kepanikan tanpa alasan yang jelas.
  • Kesulitan konsentrasi.
  • Detak jantung yang cepat.
  • Berkeringat, gemetar.
  • Kelelahan yang berlebihan.
  • Irritabilitas.
  • Masalah tidur, seperti kesulitan untuk tertidur atau tidur yang tidak nyenyak.

Baca Juga: Mengulik Manfaat Konsumsi Singkong untuk Diabetes, Kendalikan Gula Darah

Cara Menangani Anxiety

Lantas, bagaimana cara menanganinya? Melansir dari Healthline, berikut ini adalah beberapa cara menangani anxiety yang dapat Anda lakukan:

1. Pendekatan Terapeutik

Termasuk terapi eksistensial dan terapi perilaku kognitif (CBT), keduanya efektif dalam mengubah pola pikir dan perilaku untuk memperbaiki kualitas hidup.

Logoterapi, khususnya, menekankan pentingnya menemukan makna dalam hidup, yang bisa sangat membantu mengurangi anxiety.

2. Teknik Mindfulness

Praktik seperti meditasi, teknik pernapasan, dan yoga dapat membantu menenangkan pikiran dan mengurangi anxiety. Pikiran yang lebih tenang dan tubuh yang rileks dapat membawa kelegaan yang signifikan.
Baca Juga: Patut Diwaspadai, Ini 11 Tanda Gula Darah di Tubuh Anda Tinggi

3. Gaya Hidup Sehat dan Seimbang

Pola makan yang baik, tidur cukup, olahraga teratur, dan menghabiskan waktu di luar serta bersama orang terkasih dapat mengurangi gejala kecemasan dan membantu Anda tetap terhubung dengan dunia sekitar.

4. Berbagi Perasaan

Membahas kekhawatiran Anda dengan orang lain bisa meredakan anxiety dan memperdalam hubungan interpersonal. Mengingat bahwa Anda tidak sendirian dalam perasaan ini bisa sangat melegakan.

Baca Juga: Rekomendasi Menu Diet Cepat Kurus dalam Seminggu, Sehat dan Kaya Nutrisi

5. Mendefinisikan Nilai-nilai Hidup

Memahami apa yang Anda nilai dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari bisa memberikan rasa tujuan dan kepuasan. Hidup sesuai dengan nilai-nilai Anda membantu dalam membuat keputusan yang membangun kepercayaan diri dan kehidupan yang berarti.

6. Menemukan Makna Hidup

Baik melalui spiritualitas, agama, filsafat, pekerjaan, atau hubungan, menemukan makna bisa menjadi perisai terhadap anxiety.

Baca Juga: 10 Tanda Tubuh Sehat dan Bugar, Sudahkah Anda Merasakannya?

7. Mempertahankan Suasana Hati Positif

Menjaga perspektif hidup yang bermakna dan menghargai momen kebahagiaan dapat meningkatkan kualitas hidup dan memberikan makna yang lebih dalam.

Kegiatan seperti menghabiskan waktu dengan orang yang dicintai, berolahraga, dan berlatih bersyukur adalah cara yang efektif untuk meningkatkan suasana hati.

8. Mengalihkan Perhatian

Humor, menekuni hobi, dan bersosialisasi bisa membantu Anda merasa lebih baik. Aktivitas ini mengalihkan perhatian dari anxiety.

Demikianlah ulasan lengkap terkait apa itu anxiety dan cara menanganinya. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Harga Minyak Diramal Terus Naik pada Senin (1/7), Cermati Pemicunya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News