Bugar

Mengulik Manfaat Konsumsi Singkong untuk Diabetes, Kendalikan Gula Darah

Mengulik Manfaat Konsumsi Singkong untuk Diabetes, Kendalikan Gula Darah

MOMSMONEY.ID - Singkong merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang sering dianggap sebagai makanan pokok di beberapa daerah di dunia. Singkong menawarkan berbagai manfaat kesehatan, termasuk dalam membantu pengelolaan diabetes. Artikel ini akan mengulas manfaat singkong untuk diabetes. Simak, ya!

Singkong memiliki indeks glikemik yang rendah, yang berarti konsumsinya tidak akan menyebabkan lonjakan tajam pada kadar gula darah. Ini penting bagi penderita diabetes yang perlu mengelola kadar gula darah mereka secara efektif.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam singkong membantu memperlambat pencernaan, yang mengurangi risiko lonjakan gula darah dan membantu membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga menghindari kelebihan kalori.

Baca Juga: Daftar Makanan Penyembuh Asam Lambung yang Dapat Anda Coba

Penderita diabetes sering mengalami masalah pencernaan seperti sembelit atau diare. Singkong, yang kaya akan serat dan karbohidrat kompleks, membantu memelihara kesehatan sistem pencernaan.

Serat membantu memperlambat pencernaan, mencegah masalah pencernaan, dan juga membantu mengendalikan kadar gula darah melalui proses pencernaan yang lebih stabil.

Melansir dari laman Hello Sehat, penderita diabetes berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Singkong mengandung flavonoid, antioksidan yang membantu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah penumpukan plak di arteri.

Mengonsumsi singkong dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, yang sering berkaitan dengan diabetes.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi? Konsumsi 8 Sayuran Penurun Kolesterol Paling Cepat Berikut

Diabetes juga dapat meningkatkan risiko hipertensi. Singkong mengandung kalium, yang telah terbukti efektif dalam membantu mengendalikan tekanan darah.

Dengan mengonsumsi singkong, penderita diabetes bisa mengurangi potensi risiko hipertensi, salah satu komplikasi kesehatan yang sering terjadi pada diabetes.

Demikianlah ulasan terkait manfaat singkong untuk diabetes yang perlu Anda ketahui. Namun, penting untuk diingat bahwa konsumsi singkong harus dalam jumlah yang wajar dan sebagai bagian dari diet seimbang untuk mencapai manfaat kesehatan yang optimal bagi penderita diabetes. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Amankan Rantai Pasok, Prodia Widyahusada (PRDA) Akuisisi 39% Saham Proline

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News