Keluarga

5 Ciri-Ciri Kulit Wajah Tidak Sehat dan Butuh Perawatan, Salah Satunya Terasa Kasar

5 Ciri-Ciri Kulit Wajah Tidak Sehat dan Butuh Perawatan, Salah Satunya Terasa Kasar

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 ciri-ciri kulit wajah tidak sehat dan butuh perawatan di sini.

Kulit wajah yang lembab, halus, dan cerah dari dalam merupakan tanda kulit yang sehat. Apabila kulit wajah Anda tidak memiliki ketiganya, maka kemungkinan besar kulit wajah Anda tidak sehat.

Melansir Erha Ultimate Brightening, ada setidaknya 5 ciri-ciri kulit wajah tidak sehat dan butuh perawatan. Simak sampai akhir, berikut penjelasannya.

Baca Juga: 6 Kelebihan Physical Sunscreen Dibandingkan Chemical Sunscreen, Benarkah Lebih Aman?

1. Tekstur kulit cenderung kasar

Ciri-ciri kulit wajah tidak sehat dan butuh perawatan yang pertama yaitu tekstur kulit cenderung kasar.

Tanda umum kulit wajah tidak sehat yaitu muncul tekstur cenderung kasar pada permukaannya. Tekstur yang kasar ini bisa berupa benjolan kecil, keriput, hingga kendur.

Penyebab tekstur kulit cenderung kasar antara lain komedo, jerawat, iritasi, hingga penuaan dini. Jika sudah begini, mulailah eksfoliasi secara teratur.

2. Kulit terlihat kusam

Ciri-ciri kulit wajah tidak sehat dan butuh perawatan yang kedua yaitu kulit terlihat kusam.

Kulit kusam bisa menjadi tanda bahwa tubuh sedang dehidrasi. Ketika tubuh kekurangan cairan, maka kulit wajah akan ikut kering, kusam, dan tidak bercahaya.

Selain dehidrasi, kulit kusam juga bisa disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati yang menyebabkan pori-pori tersumbat.

Untuk mengatasinya, penuhilah kebutuhan cairan dalam tubuh dengan rajin minum air putih. Jangan lupa juga untuk rutin eksfoliasi guna mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk pada wajah.

3. Muncul sensasi tidak biasa

Ciri-ciri kulit wajah tidak sehat dan butuh perawatan yang ketiga yaitu muncul sensasi tidak biasa.

Saat kulit wajah dalam kondisi sehat dan baik-baik saja, tidak akan ada sensasi apapun yang muncul. Sebaliknya, jika Anda merasakan sensasi tak biasa pada kulit wajah, bisa jadi itu merupakan pertanda bahwa kulit sedang mengalami masalah.

Sensasi tak biasa yang perlu diwaspadai termasuk rasa terbakar, gatal, hingga kencang seperti tertarik. Kemungkinan, sensasi tak biasa yang muncul disebabkan oleh penggunaan produk makeup atau skincare yang tidak cocok, paparan udara dingin, maupun sinar matahari.

Baca Juga: Kapan Harus Pakai Sunscreen? Ini 5 Waktu yang Tepat untuk Memakai Sunscreen

4. Warna kulit tidak merata

Ciri-ciri kulit wajah tidak sehat dan butuh perawatan yang keempat yaitu warna kulit tidak merata.

Warna kulit tidak merata juga menjadi tanda adanya masalah kesehatan pada kulit wajah. Tidak meratanya warna kulit bukan hanya ditandai dengan belang akibat paparan sinar matahari, tetapi juga flek hitam, noda bekas jerawat, hingga kemerahan.

Waspadalah ketika Anda menemukan warna kulit yang tidak merata, karena itu berarti kondisi kesehatan kulit wajah Anda sedang tidak baik-baik saja. Pasalnya, kulit wajah yang sehat memiliki warna merata, terlepas apakah itu sawo matang, kuning langsat, maupun putih.

5. Kulit terasa kering

Ciri-ciri kulit wajah tidak sehat dan butuh perawatan yang kelima yaitu kulit terasa kering.

Selain terasa kasar, kulit wajah yang tidak sehat juga cenderung kering. Ini ditandai dengan timbulnya pecah-pecah, sensasi tertarik, benjol-benjol kecil, gatal, dan bersisik.

Tanda kulit wajah tidak sehat ini bukan hanya terjadi pada pemilik kulit kering, tetapi juga bisa dialami oleh pemilik kulit berminyak, normal, dan kombinasi. Artinya, siapa saja yang mengalami kulit kering yang tidak sehat perlu waspada.

Adapun salah satu penyebab kulit terasa kering yaitu terlalu banyak menggunakan sabun atau sering mandi air panas. Jadi, kurangilah kebiasaan mandi dengan air panas dan frekuensi penggunaan sabun cuci muka. Di samping itu, perbanyak minum air putih serta gunakan pelembab wajah secara rutin. 

Itulah 5 ciri-ciri kulit wajah tidak sehat dan butuh perawatan yang perlu Moms tahu.

Selanjutnya: Trans Power Marine (TPMA) Terima 3 Kapal Baru Hingga Kuartal III-2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News