Keluarga

Datangkan Rasa Sedih, Ini 5 Efek Kurang Makan Buah dan Sayur bagi Tubuh

Datangkan Rasa Sedih, Ini 5 Efek Kurang Makan Buah dan Sayur bagi Tubuh

MOMSMONEY.ID - Ada 5 efek kurang makan buah dan sayur bagi tubuh yang harus Anda tahu. Cari tahu di sini.

Buah dan sayur merupakan makanan kaya nutrisi yang tak jarang dilewatkan oleh banyak orang. Padahal, saat tubuh tidak mendapatkan asupan buah dan sayur yang cukup, akan ada beragam efek negatif yang dirasakan tubuh.

Jangan disepelekan, berikut 5 efek kurang makan buah dan sayur bagi tubuh sebagaimana dilansir dari EatingWell.

Baca Juga: Ampuh Turunkan Kolesterol, 5 Manfaat Mengonsumsi Bawang Putih Setiap Hari

1. Kekurangan serat

Efek kurang makan buah dan sayur bagi tubuh yang pertama yaitu kekurangan serat.

Buah-buahan dan sayuran kaya akan serat, terutama yang berwarna cerah dan kulitnya dapat dimakan. Jika yang Anda makan hanyalah daging dan lemak, tubuh Anda mungkin akan kekurangan serat dan susah BAB.

Kemungkinan, Anda juga akan mengalami dehidrasi jika kurang makan buah dan sayur. Buah-buahan dan sayuran sering kali memiliki kandungan air yang tinggi untuk memberikan cairan agar Anda tidak kembung dan terhidrasi sepanjang hari. Jika Anda tidak mendapatkan cukup cairan dan tidak memperoleh cairan melalui makanan, Anda mungkin merasakan efek dehidrasi seperti kelelahan, kencing kuning, dan kram otot.

2. Kekurangan vitamin

Efek kurang makan buah dan sayur bagi tubuh yang kedua yaitu kekurangan vitamin.

Sebagian besar vitamin seperti vitamin A, C, dan K yang ditemukan dalam makanan berwarna merah, oranye, hijau, dan kuning seperti paprika, melon, kiwi, buah jeruk, apel, sayuran berdaun hijau, beri, dan lainnya, terkonsentrasi dalam buah-buahan dan sayuran. Jadi, jika Anda tidak cukup mengonsumsinya, itu dapat menyebabkan tubuh kekurangan vitamin.

Semua vitamin tadi bermanfaat untuk kesehatan mata, kekebalan tubuh, kesehatan otak, dan lainnya. Meskipun Anda dapat mengonsumsi multivitamin untuk memenuhi kebutuhan vitamin, namun buah-buahan dan sayuran memiliki manfaat lain bagi tubuh yang tidak dimiliki produk multivitamin.

3. Kuku rapuh dan rambut kering

Efek kurang makan buah dan sayur bagi tubuh yang ketiga yaitu kuku rapuh dan rambut kering.

Kuku dan rambut memerlukan vitamin dan mineral dari buah-buahan serta sayur-sayuran agar tetap kuat dan sehat. Jika Anda tidak mendapatkan cukup vitamin dan mineral dari buah dan sayur, kuku Anda mungkin menjadi rapuh dan rambut Anda mungkin menjadi kusam sekaligus kering.

Menurut penelitian, kuku dan rambut memerlukan antioksidan, vitamin A, vitamin E, biotin, zat besi, dan nutrisi lainnya untuk tumbuh. Adapun buah-buahan dan sayur-sayuran sering kali mengandung banyak vitamin, antioksidan, dan zat besi (terutama sayuran berdaun hijau).

Baca Juga: Bunga Deposito Bank Neo di Bulan Juli, Tertinggi 8,00%.

4. Sering merasa sedih

Efek kurang makan buah dan sayur bagi tubuh yang keempat yaitu sering merasa sedih.

Tidak cukup mengonsumsi buah dan sayur dapat membuat Anda merasa sedih, sehingga meningkatkan risiko depresi.

Sebaliknya, makan buah dan sayur dengan cukup dapat meningkatkan kondisi mental dan membuat Anda merasa lebih bahagia, menurut penelitian.

5. Lebih berisiko terkena penyakit

Efek kurang makan buah dan sayur bagi tubuh yang kelima yaitu lebih berisiko terkena penyakit.

Karena buah dan sayur sangat padat nutrisi, maka mengonsumsinya secara teratur dapat menurunkan risiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, penyakit Alzheimer, kanker, dan masih banyak lagi.

Pastikan Anda mengonsumsi sekitar 2 cangkir buah dan 2,5-3 cangkir sayuran setiap hari agar tetap dalam kondisi prima dan meningkatkan umur panjang serta sistem kekebalan tubuh.

Demikian 5 efek kurang makan buah dan sayur bagi tubuh yang harus Anda tahu. Yuk, makan buah dan sayur lebih banyak!

Selanjutnya: Rekomendasi Wisata Kuliner di Aceh yang Enak dan Patut Dicoba, Apa Saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News